Senin, 04 November 2013

PERIODE AYAM LAYER

      A.    Ayam Petelur
Ayam petelur merupakan jenis ayam ras yang sangat efisien dalam menghasilkan telur. Bangsa ayam yang termasuk kelas ini dapat dikenal karena ayam itu mempunyai ukuran badan yang kecil dan aktif, mudah terkejut, cepat dewasa dan tidak memiliki sifat mengeram, kebanyakan atau hampir semuanya mempunyai kaki yang bersih (tidak berbulu) dan cuping telinganya berwarna putih (Siregar dan Sabrani,1986).
Menurut Rasyaf (1997), ayam petelur ada dua tipe yaitu tipe petelur ringan yang disebut juga dengan ayam petelur putih. Ayam ini mempunyai badan yang ramping warna bulu putih bersih dan berjengger merah, produksi telurnya 260 butir per tahun, serta sensitif terhadap cuaca panas dan keributan. Tipe kedua adalah tipe medium, memiliki ukuran tubuh yang tidak kurus tetapi juga tidak gemuk dan produksi telur 250 butir dan pada saat afkir menghasilkan daging yang cukup banyak. 

B.     Ayam Petelur Periode Starter
Periode starter adalah anak ayam yang berumur 0 sampai 6 atau 7 minggu, dimana tingkat pertumbuhannya relatif cepat dan merupakan masa yang menentukan bagi kehidupan selanjutnya (Rasyaf, 1997). Pertumbuhan periode starter dipengaruhi seleksi ketat yang meliputi keaktifan gerak, nafsu makan baik, pertumbuhan cepat, bobot badan seragam, tingkat kematian rendah, kaki kuat dan mata cerah (Siregar dan Sabrani, 1986). 

Kandang Anak Ayam Umur 0 hari – 6 minggu
Agar anak ayam tumbuh sehat, mereka harus disediakan ruangan yang luas untuk bermain, makan, dan minum. Anak ayam yang masih kecil tidak akan berjalan lebih dari 3 meter untuk mencari pakan dan air. Anak ayam membutuhkan tempat yang cukup di sekitar pakan sehingga semuanya bisa makan secara bersamaan tanpa berdesakan. Ukuran kandang untuk anak ayam umur ini adalah satu m2 untuk 10 ekor anak ayam. Sebagai alas kandang dapat digunakan kulit gabah setebal 10–15 cm. Kandang diberi lampu 60 Watt. Lampu ini akan memberikan panas yang cukup bagi anak ayam. Apabila lampu tidak cukup memberikan panas, maka anak ayam akan mendekati sumber panas  dan apabila terlalu panas, anak ayam akan menjauhi sumber panas, sedang apabila lampu cukup memberikan panas, maka anak ayam akan tersebar merata di dalam kandang.
 Kandang yang baik bagi anak ayam adalah apabila suhu di sisi luar sebelah bawah kandang berkisar antara 30 sampai 32ºC. Ventilasi kandang merupakan hal yang sangat penting dalam menentukan tinggi rendahnya suhu di dalam kandang. Beberapa ventilasi sebaiknya disediakan penutupnya. Pada musim dingin, semua ventilasi yang menghadap pada arah angin masuk terutama yang dekat lantai hendaknya ditutup, sedangkan pada musim panas, bukalah ventilasi selebar-lebarnya agar udara segar masuk sebanyak-banyaknya. Penggunaan kipas harus dihindari karena dapat menyebabkan ayam menjadi sakit. Disamping stres, ayam yang berada dalam tempat yang terlalu panas karena sistem ventilasi yang buruk, akan tidak mau makan atau minum secara normal, akibatnya ayam akan cacat dan bagi ayam petelur tidak akan tumbuh dengan baik atau kerdil.
Kandang harus aman dari gangguan kucing, tikus, serta binatang pemangsa lainnya. Atap jangan sampai bocor. Sebelum anak ayam dimasukkan, kandang dan semua peralatan telah dibersihkan dandisemprot anti hama. Pekerjaan tersebut sudah harus selesai beberapa hari menjelang anak ayam dimasukkan kandang sehingga kandang benar-benar telah kering pada saat anak ayam dimasukkan.

C.    Ayam Petelur Periode Grower
Periode grower adalah ayam yang berumur 7 sampai 13 minggu, pada fase ini kontrol pertumbuhan dan keseragaman perlu dilakukan, hal ini berhubungan dengan sistem reproduksi dan produksi ayam tersebut. Periode grower secara fisik tidak mengalami perubahan yang berarti, perubahan hanya dari ukuran tubuhnya yang semakin bertambah dan bulu yang semakin lengkap serta kelamin sekunder yang mulai nampak (Rasyaf, 1997).
Pada periode grower sistem produksi ayam mulai tumbuh dan sistem hormon reproduksi mulai berkembang dengan baik, berkaitan dengan berkembangnya sistem reproduksi ada faktor yang harus diperhatikan yaitu faktor ransum dan cahaya, karena kegagalan dalam memperhatikan keduanya akan berakibat fatal terhadap produksi dimasa bertelur kelak (Siregar dan Sabrani, 1986).
Fase grower antara umur 14 – 20 minggu disebut fase developer (pengembangan). Pemeliharaan fase grower, fase produksi dan program peremajaan dengan melalui force molting. Fase developer merupakan fase pertumbuhan yang sudah menurun, sedangkan konsumsi ransum terus bertambah. Sehingga jika ransum yang diberikan adlibitum maka akan terjadi kegemukan dan pada saat akan berproduksi telur pertama yang dihasilkan kecil-kecil sehingga penggunaan energi tidak efisien.
Pengelolaan Fase Grower  Fase grower pada ayam petelur, terbagi ke dalam dua kelompok umur yaitu 6 – 14 minggu dan umur 14 – 20 minggu sering disebut dengan fase developer. Ada beberapa cara pemeliharaan untuk mengurangi terjadinya stress akibat pemindahan kandang, yaitu :  
1.      Brooding House
Kandang yang digunakan untuk pemeliharaan ayam (DOC), dilanjutkan pemeliharaan sampai mencapai umur 6 – 14 minggu. Kandang yang digunakan kandang sistem litter. Dipindahakan dari kandang grower sekitar 14 minggu.
2.      Grow - Lay – House
Kandang yang digunakan pada fase pertumbuhan, juga digunakan sampai akhir bertelur yaitu sejak umur 6 minggu.
3.      Brood – Grow – Lay – House 
     Ayam dipelihara dalam kandang yang sama, sejak ayam dipelihara umur satu hari sampai akhir bertelur.  Kepadatan kandang dapat mempengaruhi pertumbuhan yang baik. Bila kandang terlalu padat, umumnya menyebabkan pertumbuhan yang lambat, kanibalisme, efisiensi penggunaan ransum rendah. Luas tempat pakan, tempat air minum, luas lantai perelor dipengaruhi oleh tipe lantai kandang, besar badan ayam, temperatur lingkungan, ventilasi kandang dan perlengkapan kandang.
 
Manfaat Kandang Batteray Grower Untuk Ayam Petelur
Kandang batteray grower dimaksud adalah kandang berbentuk seperti rangkaian batteray dipergunakan ayam petelur usia grower (remaja) umur 1,5 bulan ~ 4,0 bulan. Bentuk kandang batteray grower mirip seperti batteray masa bertelur hanya bentuknya persegi panjang (misal : Kedepan 40 Cm x Tinggi 40 Cm x Panjang 50 / 60 Cm). Biasanya 1 (satu) set rangkaian batteray grower dari kawat ada 2 kotak @ 60 cm (panjang 120 Cm) dan kalau dari bambu ada 4 kotak @ 50 Cm (panjang 2 m). Bentuk persegi artinya tidak miring kedepan seperti batteray masa bertelur dan juga tidak ada tempat telur di depan.
Kapasitas batteray grower biasanya disesuaikan dengan umur ayam petelur. Pada umur 1.5 bln - 2.0 bln (isi : 8e / kotak), umur 2.0 - 3.0 bln (isi : 6-7e / kotak) dan pada umur 3.0 - 4.0 bln (isi : 5e / kotak). Dengan isi yang terukur tersebut maka :
  1.  Kasus kanibalisme saling mematuk pada ayam menjadi tidak ada sehingga deflesi kematian ayam jauh berkurang dibanding pakai sistem litter atau slatge. 
  2.   Ayam akan mendapatkan kesempatan dan jatah pakan yang sama, sehingga pertumbuhan berat badan merata. Dengan penggunaan batteray grower maka Uniformity body weight akan bisa mencapai 90% bahkan lebih. 
  3.   Dengan batteray grower maka standart berat badan yang dikehendaki akan masuk secara bersamaan.
  4. Ayam mudah dikontrol dan dilakukan perlakuan dalam program vaksinasi dan pengobatan.
Batteray grower ini sangat bermanfaat untuk kesuksesan beternak ayam kampung petelur arab atau ayam petelur ras / layer. Batteray grower bisa meningkatkan performa ayam petelur masa grower yang pada akhirnya meningkatkan produktifitas telur pada masa layer. Hasil terpenting dari penggunaan batteray grower adalah :
a.      Berat badan awal (formely body weight) akan masuk secara bersamaan. Berat badan awal ini menujukan fase dewasa kelamin sudah masuk. Artinya semua jenis hewan dewasa kelamin ditentukan oleh berat badan awal, maksudnya meski umur belum dewasa tetapi berat badan awal sudah masuk maka hewan sudah dewasa kelamin dan dengan sendirinya sudah bisa dikawinkan atau bertelur dengan sendirinya. Kalau awal masa bertelur bersamaan maka kita bsa memprogram pada ayam kampung petelur arab umur 5 bulan sudah 5% produksi telur.
b.     Keseragaman berat badan (uniformity body weight) bisa mencapai 90% bahkan lebih. Keseragaman ini menentukan puncak produksi telur. Dimaksudkan dengan keseragaman maka ayam akan bertelur secara bersamaan (tidak : ada yang sudah bertelur, ada yang baru mulai telur, ada yang masih belum bertelur). Kalau berat badan seragam maka awal mulai bertelur akan bersamaan dan akan mencapai puncak produksi telur secara bersamaan pula. Dengan bersamaan puncak produksi ayam arab bisa mencapai 82~83%.
Banyak kasus produksi puncak hanya bisa 70~75% peternak menyalahkan bibit doc atau pullet kurang bagus kualitasnya, padahal kesalahan terjadi pada keseragaman berat badan (kelemahan sistem litter / slatge). Bahkan ada peternak yang pelihara ayam mulai umur 0 hari sampai afkir menggunakan sistem litter maka yang terjadi ayam pasti tidak akan bisa produksi baik dan hancur semua karena ayam saling berkelai / tarung kanimal banyak mati.

Ransum untuk Grower
Umumnya ransum grower digunakan protein ransum 15 % dan energi 2900 kkal/kg. Bahan-bahan pakan untuk menyusun ransum ayam fase grower sama seperti fase produksi untuk anak ayam. Perbedaannya pada penyusunan ransumnya karena kebutuhannya tidak sama. Menyusun ransum yang perlu dipertimbangkan yaitu bahan pakan yang digunakan harus berkualitas baik. Restricted Feeding (Pembatasan Pemberian Ransum).
 Ayam tipe medium mempunyai sifat sebagai petelur juga sebagai pedaging yang baik. Penimbunan lemak ini umumnya lebih banyak terjadi pada masa developer yaitu pada saat pertumbuhan sudah menurun dan pertama-tama akan ditimbun di alat-alat reproduksi.
Pengaruh yang kurang menguntungkan karena :
  • Total produksi telur per tahun menurun, pada saat fase produksi
  • Angka kematian lebih tinggi
  • Penggunaan energi tidak efisien pada saat memasuki tahap produksi
  • Cepat mencapai dewasa kelamin (masak dini).
Untuk mengatasi kegemukan dilakukan pembatasan jumlah ransum yang diberikan pada saat menjelang bertelur, dengan tehnik pelaksanaan :
  • Mengurangi kadar protein/ asam amino
  • Mengurangi jumlah energi yang diberikan
  • Membatasi waktu pemberian ransum
  • Membatasi jumlah air yang diberikan  
Pemotongan Paruh (Debeaking)
Pemotongan paruh pada pada ayam tipe leghorn dan jenis ayam petelur, umumnya dipotong pada umur 10 – 14 minggu. Paruh bagian atas dipotong lebih pendek dari yang bawah atau dipotong 1/3 – 2/3 bagian atau 0,45 – 0,63 di depan nostril (depan lubang hidung).
Hal-hal yang perlu diperhatikan bila kita akan melakukan pemotongan paruh :
  • Tidak melaksanakan pemotongan paruh selama periode vaksinasi, karena akan menambah stress dan ayam akan mudah terserang penyakit.
  • Memberi ransum segera setelah paruh dipotong
  • Menambah jumlah makanan/minuman setelah paruh dipotong
  • Memotong paruh sebaiknya pada saat suhu dingin (sore hari)
  • Tidak memotong paruh pada saat menjelang bertelur, karena akan menyebabkan lambatnya bertelur.
Agar tidak terjadi stress yang terlalu berat, hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • Pemindahan sebaiknya dilakukan pada malam hari.
  • Bila terpaksa bila dilakukan pada siang hari tetapi tidak waktu hari panas.
  • Setelah pemindahan bisa diberikan antibiotik (3 – 5) untuk mencegah blue comb.
  • Vaksinasi harus sudah lengkap.  
Pencegahan Penyakit
Ayam mati segera dibuang pada tempat pembuangan khusus dan yang sakit segera diobati atau dikarantina. Burung-burung liar dicegah agar tidak bisa masuk ke lingkungan kandang karena dikhawatirkan akan membawa penyakit. Untuk mencegah timbulnya penyakit unggas menular dengan melalui vaksinasi. Bila perlu diberikan vitamin dan obat-obatan.

D. Puncak produksi
Ayam petelur mulai berproduksi umur 18 minggu. Produksi telur dimulai dengan produksi rendah kemudian meningkat dan puncaknya pada umur 24-26 minggu. Setelah mengalami puncak produksi, maka produksi akan turun perlahan-lahan. Ayam bisa berproduksi sampai tingkat menguntungkan sampai umur 20 bulan. Jadi mulai awal produksi pada umur 5 bulan dan berakhir pada umur 20 bulan berarti ayam hanya berproduksi efektif selama 15 bulan. Pemeliharaan masa produksi diawali pada saat ayam telah mencapai umur 18 minggu. Pada saat itu ayam sudah mencapai fase kedewasaan. Kedewasaan ayam ini ditandai dengan suatu perubahan fisik dan perilaku yang sangat mencolok. Perubahan fisik yang nyata, terutama terjadi pada penampilan jengger dan pial yang nampak lebih besar, tebal dan berwarna merah, serta tubuh yang semakin berisi diselimuti bulu yang lengkap berwarna mengkilap. Adapun perubahan perilaku yang nyata ialah ayam mulai suka berkotek dan apabila didekati tidak menghindar, akan tetapi justru mendekat kepada peternak, mereka semakin jinak.
Perubahan fisik dan perilaku semacam itu merupakan akibat atau pengaruh dari perkembangan organ reproduksi yang semakin masak. Pada saat itu ayam mulai berproduksi. Awal produksi sebanyak 5% ini dicapai pada saat ayam umur 20-21 minggu, dan selanjutnya akan mengalami peningkatan terus sampai puncak produksi dalam kurun waktu kurang lebih 2 bulan. Kemudian, sedikit demi sedikit produksi mulai menurun. Namun, produksi ini akan berlangsung lebih dari 52 minggu. Selama masa produksi, tuntutan hidup ayam berupa nutrisi, khususnya protein meningkat lebih tinggi daripada masa remaja. Tuntutan hidup ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan perawatan tubuh dan berproduksi. Jika tuntutan hidup ini tidak terpenuhi, maka ayam jenis unggul tidak akan dapat menampilkan keunggulanya. Oleh karena itu, selama masa produksi yang berlangsung minimal 52 minggu ini, peternak harus dapat memanfaatkan peluang tersebut, menyesuaikan dengan tuntutan hidup mereka, antara lain dengan memberikan ransum layer dengan kandungan nutrisi yang baik.
Untuk menjamin kesehatan dan produktivitas selama masa bertelur, ayam harus mendapat perlakuan dan pemeliharaan sebaik mungkin. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemeliharaan masa produksi terutama adalah mengenai penyediaan kandang, pindah kandang, tata laksana pemberian makanan dan air minum, pengendalian penyakit dan sebagainya.

Pengelolaan Fase Produksi
Kandang merupakan tempat lingkungan hidup ayam, adapun tujuan dari peternak menempatkan ayam dalam kandang yaitu agar :
a. ayam terlindung dari gangguan luar (gangguan cuaca, binatang buas).
b. pengelolaan lebih mudah
c. diharapkan produksi lebih efisien.
Kandang untuk ayam petelur diantaranya harus memenuhi syarat sebagai berikut :
1) Bangunan kandang
a. lokasi
b. lebar kandang sebaiknya sekitar ± 8m
c. arah bangunan sebaiknya membujur dari timur ke barat.
2) Ventilasi
Ventilasi yang baik pada kedua belah sisi kandang terbuka (open side wall houses). Bila kandang kurang baik maka amoniak yang timbul akan menjadi racun bagi ayam (> 25 ppm) timbul penyakit pernapasan, produksi turun dan bagi ayam yang dipelihara dalam kandang sistem litter biasanya disertai penyakit cacing.
3) Temperatur dan Kelembaban
Temperatur kandang yang baik untuk pemeliharaan ayam petelur sekitar 21 0C kelembaban sekitar 50 – 60 %.
4) Kepadatan
Kepadatan kandang yaitu banyaknya ayam per satuan luas. Kepadatan kandang dipengaruhi oleh bangsa, besar badan ayam dan keadaan temperatur lingkungan. Tipe ringan sekitar 6 – 7 ekor/m2 dan untuk ayam tipe dwiguna 4–5 ekor/m2.
5) Pemberian cahaya
Sangat bermanfaat untuk meningkatkan produksi telur, mempercepat dewasa kelamin, mengurangi sifat mengeram dan memperlambat molting. 

Mempersiapkan Kandang dan Perlengkapannya.
Kandang sistem litter dan kandang sistem cage digunakan untuk ayam petelur. Satu sarang digunakan untuk 3-5 ekor ayam petelur (ukuran sarang biasanya 30 x 45 x 50 cm). Sebagai perlengkapan kandangnya digunakan tempat pakan dan minum, umunya untuk ayam yang dipelihara dalam sistem litter digunakan hanging feeder/hanging waterer untuk menghemat tenaga kerja biasanya dilakukan di perusahaan besar. Untuk tempat pakan/minum umumnya digunakan yang berbentuk trough (memanjang).

Ransum Ayam Petelur Fase Produksi
Bentuk-bentuk fisik ransum untuk ayam petelur : 
Mash and Limited grains (campuran bentuk tepung dan butiran).
Bentuk ransum ini dibuat dengan mencampur sendiri secara manual. Contohnya jagung giling, bungkil kedelai, bungkil kelapa, tepung ikan yang kemudian dicampur dengan dedak halus secara manual dan hasilnya ransum yang terdiri dari bagian-bagian halus dan butiran.
All Mash (bentuk tepung) 
Tidak tahan lama disimpan (mudah tengik) dan sering menyebabkan kanibalisme yang tinggi.
 Pellet (bentuk butiran dengan ukuran yang sama)
Jika diberikan ransum ini biasanya ayam memiliki nafsu makan yang tinggi karena unggas lebih menyenangi ransum yang berbentuk butiran. Lebih tahan lama jika disimpan.
Crumble (bentuk butiran tetapi ukurannya tidak sama)
Bentuk crumble biasanya merupakan hasil ikutan dari ransum pembuatan pellet.  
Ransum yang disusun harus mengandung zat-zat makana yang diperlukan dan dalam keadaan imbangan yang baik agar diperoleh performans yang optimal.

Pemeliharaan dalam Sistem Litter
Jika ayam telah mencapai dewasa kelamin dan produksinya telah mencapai 5 % disebut telah mulai berproduksi.ayam petelur dipelihara dalam sistem litter dan bertelur dalam sarang. Alas sarang perlu dilapisi dengan litter untuk menjaga agar kulit telur tidak retak atau pecahpada saat ayam sudah bertelur. Tempat ransum berbentuk hanging feeder ditempatkan setinggi punggung ayam, sedangkan tempat minum ditempatkan setinggi leher dari ayam. Jika timbul sifat kanibalisme atau kebiasaan jelek meatuk-matuk telur, paling efektif untuk mengatasinya dengan cara memotong paruh pada bagian atas sekitar 1/3 panjang paruh. Alat nya disebut dengan electric debeaker atau bisa dgunakan pisau biasa yang dipijarkan terlebih dahulu pada temperatur 815 0C. 
 
Pemeliharaan Ayam Petelur dalam Cage
Cara penyusunan cage dalam bangunan kandang utama, bayak metode yang digunakan agar cage dapat ditempatkan lebih banyak. Cara pengaturan kandangnya dapat dilakukan dengan cara :
1) Single deck : cage dalam kandang hanya satu tingkat
2) Double deck : pengaturan semacan ini disebut stair-steps-system.
3) Triple deck : untuk mencegah kotoran jatuh ke bawah salah satu areal tertentu diberi alas kandang/ alat pencegah kotoran sehingga kotoran tidak jatuh ke bawah.
4) Flat deck : single deck yang disusun rapat satu sama lain tanpa ada jalan untuk memberi makan, minum dan pengambilan telur, pekerjaannya dilakukan secara otomatis.
Sistem cage ini terdapat keuntungan dan kerugiannya yaitu :
Keuntungan :
a) Lebih sedikit tenaga untuk membuang kororan
b) Areal pemeliharaan lebih bersih
c) Kotoran langsung jatuh ke parit
Kerugian: :
a) Jika kandang tidak tertutup rapat, binatang pengerat (tikus) akan menjadi ancaman karena kotoran di parit akan dijadikan sarangnya.
b) Biaya pembuatan kandang lebih besar
c) Bila ada air yang juatuh ke parit, bisa menyebabkan bacteri aerobic menjadi aktif dan timbil bau tidak enak.

E. Produksi Telur
Nilai standar produktivitas ayam telah ditentukan oleh perusahaan pembibit (breeder). Standar tersebut meliputi hen day, berat telur, lama produksi, konversi ransum, kekebalan dan daya hidup serta pertumbuhan. Pencapaian performan tersebut tergantung dari manajemen pemeliharaan yang diterapkan oleh masing-masing peternak.
Hen Day (HD)
Hen day ialah persentase produksi telur yang dihasilkan oleh ayam produktif per hari. Rata-rata produksi (HD) layer selama hidupnya ialah 80% dengan HD mencapai puncak produksi pada angka 95% dan persistensi produksi (lama bertahan dipuncak HD>90%) selama 23-24 minggu (rata-rata strain ayam petelur).
Informasi pasar selayaknya selalu diketahui oleh peternak. Fluktuasi harga telur yang selalu terjadi membuat peternak harus selalu melakukan pemantauan pasar. Produksi telur dari bulan ke bulan tidak sama, karena itu untuk menghitung produksi Itelur (HD) setiap bulannya dilakukan dengan mengkalkulasikan data produksi harian. Disinilah pentingnya pencatatan atau recording harian. Perlu juga kita memprediksikan pendapatan dari penjualan telur berdasarkan data produksi rata-rata bulanan dan harga rata-rata per bulan.
Keterangan :
RHD : Rata-rata Hen Day (%)
A       : Jumlah ayam
T       : jumlah 1 kg telur (16 butir)
Ayam petelur di afkir umur ± 2 tahun .

49 komentar:

  1. Jelas banget penjelasannya.. Makasih yah om...

    BalasHapus
  2. makasih artikelnya yang baik! zazakallohi khoiron katsiro

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah sangat bermanfaat ... Jazakumulloh khoir ..

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. thanks!!! kita hrs jadi teman ok?! Please....

    BalasHapus
  7. Kalau ayamnya tidak belum bertlur pada saat umur 4 bulan, pxebabnya apa ya? Mksi..

    BalasHapus
  8. Kalau ayamnya tidak belum bertlur pada saat umur 4 bulan, pxebabnya apa ya? Mksi..

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah dapat ilmu baru

    BalasHapus
  10. PROMO NEW MEMBER 20%

    DewaZeus merupakan partner dari situs ZeusBola, yang merupakan agen master agen taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Agen Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di DewaZeus.

    Juga Sebagai Peserta Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama bersama maskapai Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh penundukan Isle of Man kepada beroperasi juga sebagai juru taruhan latihan jasmani sedunia.

    http://www.dewazeus.org/waspada-gejala-penyakit-yang-menyerang-ayam-saat-pergantian-musim/
    http://www.dewazeus.org/cara-melatih-untuk-memperkuat-leher-ayam-aduan/
    http://www.dewazeus.org/manfaat-pisang-raja-bagi-kesehatan-ayam-aduan-anda/

    Ayo daftar sekarang di dewazeus.org

    BalasHapus
  11. BONUS 10% EVERY DAY

    Perutusan Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan paling baik yg sediakan jasa layanan guna permulaan akun permainan judi atau taruhan online guna kamu di cabang judi online yg berkedudukan International, legal dan terpercaya hanya di situs judi online.

    Sbg Delegasi Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dgn maskapai Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh presiden Isle of Man untuk beroperasi sbg juru taruhan olahraga sedunia.

    sabung ayam s1288

    Ayo daftar sekarang di zeusbola.biz

    BalasHapus
  12. BONUS FREECHIP!

    CemePoker adalah perizinan Poker Online, Domino, Ceme, dan Capsa yang menyediakan bermacam macam banyak game dgn 1 user ID saja dan cemepoker di anugerahkan sebagai perutusan judi poker dgn rating win tertinggi.
    poker online menjamin 100% keamanan separo membernya tambah pemain Poker aku dipastikan 100% Player VS Player.
    janganlah abai nantikan upah merampas setiap bulannya dan pahala referal seumur hidup

    Baca juga :

    https://www.pokerceme.org/panduan-deposit-dan-withdraw-pada-situs-poker-online/
    https://www.pokerceme.org/cara-membaca-kartu-lawan-dengan-mudah-pada-poker-online/


    Ayo sekarang di www.cemesamgong.com

    BalasHapus
  13. * KUNJUNGI SITUS KAMI DI *

    WWW.ID303.INFO


    MENANG BERAPAPUN, PASTI KAMI BAYAR !!! *


    * Melayani LiveChat 7 x 24 Jam Nonstop :

    - WA : 08125522303
    - BBM : CSID303



    Sabung Ayam Org Link Alternatif S128


    Agen Sbobet Asia


    www.ayampanggang.vip

    BalasHapus
  14. Kami dari situs ZEUSBOLA Agen Resmi Permainan Judi Online Terlengkap dan Terpercaya No 1 di Indonesia sedang mengadakan Promo Bonus New Member 15% dan Cashback Hingga 15%. ZEUSBOLA juga menyediakan Deposit VIA PULSA dengan minimal Deposit Rp 25.000,- saja Anda sudah bisa bergabung dan bermain game online yang Anda inginkan.

    Kami juga menyediakan berbagai macam Promo-promo Bonus untu para member setia kami seperti :
    - BONUS NEW MEMBER 15%
    - BONUS DEPOSIT SETIAP HARI 10%
    - BONUS CASHBACK 15% + ROLLINGAN 0.6%
    - BONUS FREECHIP EXTRA !!

    ZEUSBOLA juga menyediakan banyak games yang bisa Anda mainkan dalam 1 UserID saja seperti :
    - Sportbooks
    - LiveCasino
    - SlotGames
    - IDN Poker
    - Tembak Ikan
    - Sabung Ayam
    - Bola Tangkas
    - Togel

    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami melalui:
    - Whatsapp : 081333552228
    - LiveChat : http://www.bolazeus.com

    Link Alternatif :
    http://www.bolazeus.com

    DAFTAR JUDI ONLINE TERPERCAYA

    ZEUSBOLA

    http://bolazeus.com/

    BalasHapus
  15. Yuk di add pin WA: +628122222995 sabung ayam pisau
    Sabung ayam online dan semua jenis permainan judi online ..
    Semua bonus menarik kami berikan setiap hari nya ... :)
    www,bolavita, ltd

    BalasHapus
  16. S128Cash Bandar Sabung Ayam Online Terbesar di ASIA !!
    Jika Anda peminat Sabung Ayam Online, Anda wajib bermain disini.
    Disini kami juga menyediakan permainan Sportbooks, LiveCasino, SlotGame, dan Togel Online.
    Hanya dengan minimal deposit Rp 25.000,- Anda sudah bisa bermain semua permainan dan raih kemenangan puluhan juta dalam satu hari..
    Jangan khawaitr jika di Rekening / ATM Anda lagi kosong, karena S128Cash juga ada menyediakan deposit via PULSA, OVO, dan GOPAY !!
    Apalagi yang Anda tunggu? Segera bergabung dan Daftar S128 bersama kami, raih keuntungan Anda !!

    Untuk info leibh lanjut bisa hubungi kami melalui :
    - Livechat : S1288Poker
    - WhatsApp : 081910053031

    Link Alternatif :
    - http://www.s128cash.org

    BalasHapus
  17. [img]https://i.imgur.com/msue4ft.jpg[/img]

    ayo bergabung dengan bolavita khusus new member lgsg di berikan 10% sabung ayam toraja
    tanpa ribet dan masih banyak bonus2 lain nya
    semua di berikan tanpa ribet pelayanan terbaik 24 jam
    depo wd secepat kilat ^^

    info lbh lanjut :
    whatup : +628122222995

    BalasHapus
  18. ==Winnig303== Permainan Betting Game Online Yang Sedang Populer Saat ini...

    Dengan 1 User ID, Sudah Dapat Bermain 6 Jenis Games Sekaligus :
    1. Sportbooks
    2. Live Casino
    3. Slot Online
    4. Lottery
    5. Poker Online
    6. Sabung Ayam


    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    WA: +6287785425244

    BalasHapus
  19. JUDI ONLINE DEPOSIT PAKAI OVO

    Agen Poker pulsa Terpercaya Di Indonesia, kursi perwakilan Judi Online menahan pulsa yakni sejenis saudagar judi yang menggunakan pertunjukan poker online pada masa ini sudah banget enteng degnan masuknya atraksi ini judi online deposit via pulsa kemudahan berkualitas bersandiwara disebuah pementasan poker online yang dapat kita jumpai waktu ini memang buah berpangkal makin tumbuhnya waktu dan teknologi masa ini didalam pertunjukan sandaran online. Berlandaskan cukup meninggalkan pulsa seolah-olah uang sedimen pertunjukan di poker deposit pulsa online, awak sudah mengantongi putaran yang lega berkelakuan beserta memenangkan permainan.

    Beraga merancangmengabdikan pulsa didalam atraksi poker online jelasnya sebenarnya tentu kian mempermudah personel waktu anda berbuat permainan taruhan online. Karena datangnya endapan melewati pulsa maka petugas tentu bisa sehubungan mudah berisi bergaya beserta menjabat pemenang didalam sealiran atraksi poker. Permainan judi online sedimen melalui pulsa mestinya tentu memperoleh sebagian arti bermegah-megah yang bisa berwujud pulsa cuma maupun berbentuk uang sah didalam sepadan pergelaran poker online.

    BACA JUGA:

    poker deposit pulsa
    judi poker pulsa
    poker via pulsa telkomsel


    Daftar sekarang di ZeusBola

    BalasHapus
  20. Live Casino Winning303 Hadirkan Permainan Casino Kelas Dunia
    Permainan Populer Dunia Semua Kami Hadirkan Disini Seperti :
    -Baccarat
    -Dragon Tiger
    -Sic Bo
    -Roulette
    -Bull Fight
    -Fish Prawn Crab
    -Black Jack
    -Super Fantan
    -Super Hi-Lo
    -Super 3 Picture

    Jangan Sampai Ketinggalan Ya...
    Dapatkan Bonus New Member 20% Langsung...

    Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
    1. Sportsbook
    2. Poker
    3. Slot Online
    4. Lottery/Togel
    5. Sabung Ayam

    Hubungi Kami di :
    Customer Service 24 Jam
    WA: +6287785425244

    BalasHapus
  21. Terima kasih infonya min... Artikelnya bagus ...
    Banyak ilmu yang bisa di garap ! sama seperti blog pemain ayam #salamsatuhobi

    BalasHapus
  22. ID303.WEBSITE - MELAYANI JASA PEMBUATAN AKUN BERMAIN JUDI ONLINE

    1. SPORTBOOKS (SBO,IBC)
    2. LIVECASINO (GD88, CBO, WM)
    3. TEMBAK IKAN
    4. SLOT
    5. TOGEL (KLIK4D, HOREY4D)
    5. POKER ONLINE (FIFAPOKER)
    6. SABUNG AYAM (S128, CLUB88)


    Slot Joker Deposit Pulsa
    Live Chat SV388
    ID303
    Situs Poker Online Uang Asli
    Situs Judi Online Uang Asli
    Link Alternatif Fifapoker
    FifaPoker Agen Judi Poker Pulsa Terbaik dan Terpercaya
    BONUS WIN7X BEBAS ARENA ID303
    BONUS WIN7X BEBAS ARENA ID303
    BONUS WIN7X BEBAS ARENA ID303

    BalasHapus
  23. PROMO MEMBER BARU 15%

    ZeusBola merupakan mater bandar taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Dealer Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di ZeusBola.

    Sbg Cabang Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama dengan kongsi Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh pemerintah Isle of Man kepada beroperasi sbg juru taruhan olahraga sedunia.

    Situs Slot Pulsa

    Situs Poker Pulsa

    Agen Joker Pulsa

    Agen Togel Pulsa

    Agen Sbobet Pulsa

    BalasHapus



  24. MUSEUMAYAM Adalah Situs Judi Online Taruhan Sabung Ayam, Sepak Bola, Casino, Togel & Poker Terpopuler di Indonesia

    Untuk daftar bisa langsung ke:
    WhatsApp : WA : +6282267932581







    BalasHapus
  25. Pengakuan tulus dari: FATIMAH TKI, kerja di Singapura

    Saya mau mengucapkan terimakasih yg tidak terhingga
    Serta penghargaan & rasa kagum yg setinggi-tingginya
    kepada KY FATULLOH saya sudah kerja sebagai TKI
    selama 5 tahun Disingapura dengan gaji Rp 3.5jt/bln
    Tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari
    Apalagi setiap bulan Harus mengirimi Ortu di indon
    Saya mengetahui situs KY FATULLOH sebenarnya sdh lama
    dan jg nama besar Beliau
    tapi saya termasuk orang yg tidak terlalu yakin
    dengan hal gaib. Karna terdesak masalah ekonomi
    apalagi di negri orang akhirnya saya coba tlp beliau
    Saya bilang saya terlantar disingapur
    tidak ada ongkos pulang.
    dan KY FATULLOH menjelaskan persaratanya.
    setelah saya kirim biaya ritualnya.
    beliau menyuruh saya untuk menunggu
    sekitar 3jam. dan pas waktu yg di janjikan beliau menghubungi
    dan memberikan no.togel "8924"mulanya saya ragu2
    apa mungkin angka ini akan jp. tapi hanya inilah jlnnya.
    dengan penuh pengharapan saya BET 200 lembar
    gaji bulan ini. dan saya benar2 tidak percaya & hampir pingsan
    angka yg diberikan 8924 ternyata benar2 Jackpot….!!!
    dapat BLT 500jt, sekali lagi terima kasih banyak KY
    sudah kapok kerja jadi TKI, rencana minggu depan mau pulang
    Buat KY,saya tidak akan lupa bantuan & budi baik KY.
    Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.
    Buat Saudaraku yg mau mendapat modal dengan cepat

    ~~~Hub;~~~

    Call: 0823 5329 5783

    WhatsApp: +6282353295783

    Yang Punya Room Trimakasih

    ----------

    BalasHapus
  26. Bolavita adalah situs agen judi online yang menyediakan berbagai jenis permainan taruhan online yang cukup lengkap antara lain adalah sabung ayam live, casino live, poker online, tembak ikan, togel online, bola tangkas, slot, ding-dong, taruhan bola, basket dan masih banyak lainnya....

    Tersedia Deposit & Withdraw Menggunakan :
    » Rekening Bank
    » Ovo
    » Gopay
    » Dana
    » Linkaja
    » Pulsa

    Tersedia Bonus :

    » Bonus Deposit pertama 10%
    » Bonus Cashback Mingguan 5% - 10%
    » Bonus Rollingan 0.5% + 0.7%
    » Bonus 100% Win Beruntun 8x, 9x, 10x

    Link pendaftar : http://159.89.197.59/register/
    Kontak WhatsApp » Klik Link : https://bit.ly/aktif24jam

    BalasHapus
  27. Dapatkan Penghasilan Lebih Tanpa Harus KELUAR RUMAH !
    Gabung Sekarang Bersama Kami Di Agen ZEUSBOLA,WIN

    Menerima Deposit Via Pulsa ( TANPA POTONGAN RATE ), OVO, GOPAY, DANA, LINKAJA, BTPN JENIUS.

    Ayo segera Daftar dan Gabung bersama kami di https://zeusbola.win/ .

    http://wa.me/6281333555996 / LINK : https://zeusbola.win/

    ➡ BOLA / SBOBET,ICBET,CMD368, MAXBET, SONG88, UBOBET ⚽️⚽️
    ➡ Live Casino
    ➡ Slot Online ��
    ➡ Balap Tikus
    ➡ Tangkas Net ��
    ➡ SLOT JOKER GAMING ��
    ➡ POKER IDN PLAY ����
    ➡ SABUNG AYAM ONLINE S128 & SV388 ����

    #S128 #S1288 #jadwals128 #jadwals1288 #jadwalayam #jadwalayamhariini #jadwals128hariini

    BalasHapus
  28. AGENS128 Adalah Situs Judi Online Taruhan Sepak Bola, Casino, Sabung Ayam, Tangkas, Togel & Poker Terpopuler di Indonesia
    Pasang Taruhan Online Melalui Agen Judi Terpercaya Indonesia Agens128, Proses Cepat, Banyak Bonus, Online 24 Jam dan Pasti Bayar!
    Sabung ayam
    sbobet online
    casino online
    tembak ikan
    BALAPAN TIKUS ( NEW )
    daftar bisa langsung ke:
    LINE : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus
  29. Winning303

    Situs Judi Online Terbesar Dan Terpercaya Di INDONESIA

    Bagi Kalian Pecinta Games online , Tersedia :
    Sportbook
    Poker Dan Domino
    Livecasino
    Slot
    Sic Bo
    Roulette
    Togel
    Sabung Ayam

    Klik ID Gratis Sabung Ayam

    Silakan Kunjungi Link Terbaru kami : www.winning303.pw

    BalasHapus

  30. Linkaja88 Adalah Situs Sabung Ayam Online Terbesar di Indonesia. Bagi anda yang hobi pasang taruhan sabung ayam, Linkaja88 menyediakan pertandingan sabung ayam online yang di siarkan secara live dari produk Sabung Ayam S128 Dan Sabung Ayam Sv388.

    Linkaja88 Cukup populer sebagai situs taruhan online di Indonesia. Memiliki Licensi resmi dari Filipina dan menjadi satu-satunya Agen yang menyediakan Judi Online Deposit Linkaja Terbesar di Indonesia.

    Promo yang tersedia di Linkaja88 :

    ★ Bonus 10% Deposit Pertama !
    ★ Bonus 5% Deposit Setiap Hari
    ★ Bonus 100% Win Beruntun 8x, 9x, 10x (dapat di Klaim Setiap Hari)
    ★ Bonus Cashback Mingguan 5% s/d 10%
    ★ Bonus Referral 7% + 2%
    ★ Bonus Rollingan 0,5% + 0,7%

    Linkaja88 menjadi Agen Judi Online yang menyediakan promo paling besar sepanjang sejarah perjudian Online.

    Bagi kamu yang ingin bergabung di Linkaja88 dan menikmati promo yang ada.. Langsung saja daftar dengan mengkunjungi Link dibawah ini :

    Link pendaftar Klik : https://bit.ly/3b2Tnq7
    Kontak WhatsApp » Klik Link : https://bit.ly/aktif24jam

    Bonus Terbesar Dalam Judi Sabung Ayam
    Klik Langsung » https://www.linkaja88.net/bonus-terbesar-judi-sabung-ayam-100/

    BalasHapus
  31. Dapatkan Bonus Refferal seumur HIdup dari permaina poker yang kamu tawarakan ke Kawan kawan anda.
    Info hub :
    WA : +6281333555662

    BalasHapus
  32. Mega Jackpot Slot tapi GA DIBAYAR? Cari Situs Judi Slot Terpercaya dan PASTI BAYAR? Yuk gabung bersama kami MuseumAyam Situs Judi Slot Online Terpercaya. Menang berapapun dibayar lunas tanpa ditunda !
    Pendaftaran hingga transaksi sangat mudah di dukung dengan berbagai layanan transaksi yang hits saat ini. Minimla deposit hanya 20rb

    SLOT [ PRAGMATIC - SPADEGAMING - HABANERO - JDB SLOT - JOKER123 - CQ9 - PLAY1628 ]

    Menyediakan berbagai layahnan deposit terlengkap
    * Semua Bank Lokal Indonesia
    * Pulsa Tanpa Potongan
    * OVO
    * Gopay
    * Dana
    * Linkaja

    Daftar Togel Online
    Museumbola Slot Pragmatic
    Sabung Ayam club388
    Museum Ayam
    Ayam Aduan Mabung, Air Cucian Beras Solusinya

    Contact Resmi MuseumAyam --> https://linktr.ee/museumbola
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    BalasHapus

  33. Hobi Ayam ? Mari Bergabung Dengan Agen BOLAVITA Sebagai Situs Judi Sabung Ayam Online Terpercaya Sejak 2013 !

    Tersedia :
    Judi Sabung Ayam S128
    Judi Sabung Ayam SV388

    MENYEDIAKAN BONUS SPESIAL 100% YANG DAPAT DI KLAIM SETIAP HARI - BILA MENANG SECARA BERUNTUN 8X,9X,10X
    Ketentuan Klik Link : http://159.89.197.59/bonus-8x-9x-10x-win-sabung-ayam/

    LINK RESMI PENDAFTARAN » http://159.89.197.59/register/
    KONTAK WA RESMI » https://bit.ly/kontak24jam

    BalasHapus
  34. Prediksi Togel Mekong 10 Juni 2020 <a href="https://indextogel.org/prediksi-togel/prediksi-togel-mekong-10-juni-2020/ </a> Gabung sekarang dan Menangkan Hingga Ratusan Juta Rupiah !!!


    BalasHapus
  35. BANDAR JUDI SLOT PALING LENGKAP DENGAN 1 USERID BISA MEMAINKAN SEMUA PERMAINAN
    WELCOME BONUS UNTUK PERMAINAN SLOT 50% MAKSIMAL 1.000.000 IDR
    DEPOSIT BANK LOCAL :
    BCA - MANDIRI - BNI - BRI - DANAMON - JENIUS BTPN DLL

    DEPOSIT E-CASH :
    OVO - DANA - LINKAJA - GOPAY - SAKUKU

    DEPOSIT PULSA (DEPOSIT NON RATE/ALIAS TANPA POTONGAN) :
    -> TELKOMSEL
    -> XL / AXIS

    Demo SLOT
    Slot 888 Dragon

    LINK AKSES :
    Agen Togel
    Agen Togel Singapura
    Museumbola Slot Habanero
    Museumbola Livecasino







    BalasHapus
  36. MUSEUMAYAM - AGEN SABUNG AYAM S128, SV388, SLOT ONLINE, CASINO ONLINE DAN POKER ONLINE

    ==> SABUNG AYAM [ S128 - SV388 ]
    ==> SPORTSBOOK [ SBOBET - MAXBET ]
    ==> KASINO [ SEXY - SBOBET - GD88 - CBO855 - WM ]
    ==> SLOT [ PRAGMATIC - SPADEGAMING - HABANERO - JDB SLOT ]
    ==> POKER [ POKER - DOMINO QQ - CEME ]
    ==> TOGEL [ SGP - HONGKONG - SYDNEY - MACAU ]

    CLUB388
    SV388
    LIVECHATS128

    BalasHapus
  37. Judi Tembak Ikan permainan yang paling digemari, bagi kalian penggemar judi tembak ikan bisa dicobain permainan tembak ikan dari provider JDB. Tersedia juga beberapa permainan tembak ikan yang tentunya menguntungkan pemain.

    Menyedikan Juga Berbagai Permainan Terpopuler Lainnya Seperti Taruhan Sepak Bola, Live Casino, Poker, Bola Tangkas, Togel SGP,HK,SDY, Tembak Ikan Online, Slot Games, Dan Masih Banyak Lainnya. Proses Cepat Berapapun Kami Bayar Terpercaya

    Menyediakan berbagai layahnan deposit terlengkap
    * Semua Bank Lokal Indonesia
    * Pulsa
    * OVO
    * Gopay
    * Dana
    * Linkaja

    PROMO MUSEUMAYAM SITUS JUDI ONLINE TERPERCAYA !
    * BONUS 10% KHUSUS MEMBER BARU SABUNG AYAM ONLINE
    * BONUS WIN BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
    * BONUS 7x LOSE BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
    * BONUS 5% DEPOSIT SETIAP HARI SABUNG AYAM ONLINE
    * BONUS CASHBACK SABUNG AYAM ONLINE UP TO 10%
    * BONUS REFERAL PERMAINAN SABUNG AYAM ONLINE 5%

    Contact Resmi MuseumAyam
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    Agen Togel Singapura
    Museumbola Livecasino
    Sabung Ayam s128
    cara daftar togel singapore
    Museum Bola
    Poker Online Pulsa
    togel deposit pulsa

    BalasHapus
  38. Disini menyediakan semua permainan POPULER.
    Anda juga dapat deposit menggunakan PULSA XL dan TSEL Tanpa Potongan
    Bisa juga di Daftarkan Dengan Akun E-money
    Daftar : http://94.237.68.42

    Demo Slot:
    Slot Pulsa
    Link Alternatif Museumbola
    Paito Warna Hongkong
    Slot 888
    Agen Casino Online
    Demo Slot Pragmatic
    Situs Togel Deposit Pulsa

    BalasHapus
  39. ZeusBola - Situs Sabung Ayam Terbaik
    Menerima Deposit via Pulsa Tanpa Potongan
    Dapatkan Bonus 7x Win Beruntun
    Pendaftaran : http://zeusbola1.com

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : 0822 7710 4607

    Daftar S128 Menggunakan Bank BTPN Jenius

    BalasHapus
  40. Promo Spesial Judi Casino Online - Bonus 100% Setiap Hari !

    Bolavita Adalah Agen Judi Online Indonesia Yang Berdiri Sejak 2014 ! Menyediakan Berbagai Jenis Permainan Judi Casino Online Populer Secara Live dengan layanan Dealer Langsung dari Gedung Kasino Yang Berada Di Berbagai Negara Di Benua Asia & Eropa.

    Setiap Provider Casino Online Yang Bekerja Sama Dengan Agen Bolavita memiliki Layanan Professional berstandart Internasional yang berlicensi Pagcor dan Malta Yang Merupakan Perusahaan Korporasi Kasino Asal Filipina Dan Italia Yang Mengembangkan Permainan Kasino Online Yang Legal Di Dunia !

    Nikmati Promo Spesial Yang Tersedia Di Agen Bolavita :
    • Bonus Deposit Pertama 10%
    • Bonus Deposit Harian 5%
    • Bonus Rollingan 0.8% Mingguan
    • Bonus Referral 7% + 2% (Seumur Hidup)
    • Bonus 100% Setiap Hari (Khusus Menang Beruntun)

    Tersedia Transaksi Via :
    » Ovo | Gopay | Dana | Sakuku | Linkaja | Doku | Jenius | Paytren | JakOne | Pulsa & Segala Jenis Rekening Bank Di Indonesia.
    Minimal Deposit & withdraw Adalah 50ribu rupiah.

    Untuk Pendaftaran & Klaim Bonus, Silahkan Hubungi Cs Kami yang bertugas :
    Situs Resmi : http://159.89.197.59/

    » Nomor WhatsApp : 0812–2222–995
    » ID Telegram : @bolavitacc
    » ID Wechat : Bolavita
    » ID Line : cs_bolavita

    BalasHapus
  41. Bandar Togel Terpercaya
    SITUS TOGEL TERBAIK
    AGEN TOGEL TERBAIK 2021

    AGEN TOGEL TERPERCAYA INDONESIA 2021

    Masih ragu untuk cari Situs togel online terpercaya?
    Mainkan langsung di Agen Togel Terpercaya MBO128
    Menyediakan permainan Togel dengan pasaran yang lengkap

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    https://mbo128.com/togel

    KONTAK :
    WhastApp: 0852-2255-5128

    Minimal DEPOSIT Rp.25.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000

    Transaksi bisa dilakukan melalui Via :
    • PULSA ( Telkomsel , XL – Axis ) Bisa isi dari Counter / Transfer Pulsa / Alfamart dan Indomaret TANPA POTONGAN PULSA
    • BANK ( BCA, Mandiri, BNI, BRI, Danamon, Permata,Semua Bank Nasional dan Daerah )
    • E-Money ( OVO, Dana, LinkAja, PayPro, GoPay)

    BalasHapus
  42. Daftar Sabung Ayam Taji Depost Pulsa Bersama CLUB388CASH

    Situs Slot Pulsa Tanpa Potongan Bersama CLUB388CAH

    CLUB388CASH ADALAH SISTUS AGEN BANDAR TARUHAN ONLINE TEPECAYA YANG MEMILIKI BANYAK PERMAINAN HANYA MENGGUNAKAN 1 AKUN ATAU 1 USER ID SAJA SEMUA DAPAT DI MAINKAN SEMUA DI PERMAINAN CLUB388CASH. TENTUNYA EVENT BONUS PROMO SETIAP BULAN NYA YANG MANTAPPP ^^

    BalasHapus
  43. - Bandar Sabung Ayam Terpercaya
    Menerima Deposit via E-money dan Pulsa
    (OVO, DANA, LINKAJA, GOPAY dan JENIUS)
    Dapatkan Bonus 7x Win Beruntun Hingga 5jt

    UNTUK LEBIH LANJUT SILAHKAN HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607
    TELEGRAM :Zeusbola
    LINE : zeusbola
    INSTAGRAM :zeusbola.official


    BalasHapus
  44. Result Togel hari ini


    Winning303

    PENAWARAN PROMOSI:
    Promo Deposit Pulsa Tanpa Potongan Via TELKOMSEL / XL / AXIS

    Memberikan Permainan Paling Seru dengan Tingkat Kemenangan yang tinggi...

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    Website : winning-303,com (ganti koma jadi titik)
    WA:+6287785425244

    Anda Kecewa Beritahu Kami, Anda Puas Beritahu Teman

    BalasHapus
  45. Sering kalah dalam bermain Slot?
    Atau
    Tidak pernah Menang Sama sekali di agent lama anda??

    Jangan Kecewa kawan
    Mari join bersama kami

    Agen Slot Terpercaya

    Dapatkan ragam permainan Slot terlengkap
    Serta Bonus Menarik setiap harinya

    Captain Rizk™ Megaways™ adalah slot online dengan enam gulungan dan hingga tujuh simbol mengkilap dapat muncul di setiap gulungan. Kapten Rizk menduduki puncak tabel pembayaran dalam hal pembayaran. Disusul dengan piala Rizk emas, setumpuk kartu remi, chip kasino bertema Rizk, sebuah dadu, dan Ace melalui 10 kartu remi.

    Silahkan kunjungi Review Game Slot Terbaru dan slalu update hanya di Demoslot

    KLIK >>> REVIEW DEMO SLOT ONLINE

    KLIK >>> FACEBOOK DEMO SLOT ONLINE

    KLIK >>> TWITTER DEMO SLOT ONLINE

    KLIK >>> INSTAGRAM DEMO SLOT ONLINE

    KLIK >>> REGISTER BVGAMING

    KLIK >>> PROMO BOLAVITA

    Nikmati permainan menarik lainnya secara GRATISS.

    BANTUAN & DUKUNGAN
    Customer Service 24 Jam

    WA +62 812-9739-2623
    WA +62 812-1495-2061

    KLIK >>> WhatsApp BOLAVITA

    BalasHapus
  46. HOT BONUS !!!

    Dapatkan berbagai BONUS yang hanya di BOLAVITA !!

    Bolavita menyediakan berbagai macam bonus yang cukup menarik untuk Judilovers yang sangat sayang untuk dilewatkan.

    Berikut bonus-bonus yang diberikan :
    ♥ BONUS NEW MEMBER 10%
    ♥ BONUS EVERYDAY 5%
    ♥ BONUS ROLLINGAN 0.5%
    ♥ BONUS REFFERAL 10%

    Semua bonus bisa Anda dapatkan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

    Dengan mendapatkan BONUS REFFERAL, tentunya Anda akan mendapatkan uang tambahan. Dengan cara daftar akun sekarang dan ajaklah teman bermain di BOLAVITA !!

    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
    ✔ WA / TELEGRAM : +6281297392623

    #bolavita #bvgaming #bonusnewmember #Bonusdeposit #judionlineresmi #agentogelterpercaya #togelonline #judionlineresmi #bandarjuditerbaik #agenjuditerbaik #situsjuditerpercaya #situsjuditerbaik #situsjuditerbesar

    BalasHapus