Rabu, 30 Januari 2013

MANAJEMEN AYAM BROILER FASE STARTER DAN FASE GROWER


2.1. Ayam Broiler
            Broiler adalah ayam-ayam muda jantan atau betina yang umumnya dipanen pada umur 5-6 minggu dengan tujuan sebagai penghasil daging. Sehubungan dengan waktu panen yang relatif singkat maka jenis ayam ini mempersyaratkan pertumbuhan yang cepat, dada lebar yagn disertai timbunan daging yang baik, dan warna  bulunyang disenangi, biasanya warna putih.
            Ayam broiler telah banyak dipelihara oleh peternak didaerah perkotaan dan pedesaan baik sebagai usaha pokok atau sambilan, terutama di jawa. Penyebaran ayam broiler cukup luas karena produksi dagingnya dapat diterima oleh seluruh lapisan masyarakat dan harganya yang relatif murah bila dibandingkan degngan daging merah. Di samping itu, pemeliharaan tidak memerlukan lahan yang relatif luas.
Ayam broiler merupakan hasil teknologi yaitu persilangan antara ayam Cornish dengan Plymouth Rock. Yang mana memiliki karakteristik ekonomis, pertumbuhan yang cepat sebagai penghasil daging, konversi pakan rendah, dipanen cepat karena pertumbuhannya yang cepat, dan sebagai penghasil daging dengan serat lunak (Murtidjo, 1987). Menurut Northe (1984) pertambahan berat badan yang ideal adalah 400 gram per minggu untuk jantan dan untuk betina 300 gram per minggu.
Menurut Suprijatna et al. (2005) Ayam broiler adalah ayam yang mempunyai sifat tenang, bentuk tubuh besar, pertumbuhan cepat, bulu merapat ke tubuh, kulit putih dan produksi telur rendah. Dijelaskan lebih lanjut oleh Siregar et al. (1980) bahwa ayam Broiler dalam klasifikasi ekonomi memiliki sifat-sifat antara lain : ukuran badan besar, penuh daging yang berlemak, temperamen tenang, pertumbuhan badan cepat serta efisiensi penggunaan ransum tinggi.
Untuk mendapatkan bobot badan yang sesuai dengan yang dikehendaki pada waktu yang tepat, maka perlu diperhatikan pakan yang tepat. Kandungan energi pakan yang tepat dengan kebutuhan ayam dapat mempengaruhi konsumsi pakannya, dan ayam jantan memerlukan energy yang lebih banyak daripada betina, sehingga ayam jantan mengkonsumsi pakan lebih banyak, (Anggorodi, 1985). Hal-hal yang terus diperhatikan dalam pemeliharaan ayam broiler antara lain perkandangan, pemilihan bibit, manajemen pakan, sanitasi dan kesehatan, recording dan pemasaran. Banyak kendala yang akan muncul apabila kebutuhan ayam tidak terpenuhi, antara lain penyakit yang dapat menimbulkan kematian, dan bila ayam dipanen lebih dari 8 minggu akan menimbulkan kerugian karena pemberian pakan sudah tidak efisien dibandingkan kenaikkan/penambahan berat badan, sehingga akan menambah biaya produksi (Anonimus, 1994)
Daghir (1998) membagi tiga tipe fase pemeliharaan ayam broiler yaitu fase starter umur 0 sampai 3 minggu, fase grower 3 sampai 6 minggu dan fase finisher 6 minggu hingga dipasarkan.
Ayam broiler ini baru populer di Indonesia sejak tahun 1980-an dimana pemegang kekuasaan mencanangkan panggalakan konsumsi daging ruminansia yang pada saat itu semakin sulit keberadaannya. Hingga kini ayam broiler telah dikenal masyarakat Indonesia dengan berbagai kelebihannya. Hanya 5-6 minggu sudah bisa dipanen. Dengan waktu pemeliharaan yang relatif singkat dan menguntungkan, maka banyak peternak baru serta peternak musiman yang bermunculan diberbagai wilayah Indonesia.
Banyak strain ayam pedaging yang dipelihara di Indonesia. Strain merupakan sekelompok ayam yang dihasilkan oleh perusahaan pembibitan melalui proses pemuliabiakan untuk tujuan ekonomis tertentu. Contoh strain ayam pedaging antara lain CP 707, Starbro, Hybro (Suprijatna et al., 2005).                                                 
2.2. Pemeliharaan Starter
1.  Persiapan kandang dan perlengkapannya
            Sebelum anak ayam tiba maka kandang harus sudah siap. Persiapan kandang doc untuk ayam broiler tidak berbeda dengan doc utuk ayam petelur. Begitu pula perlengkapan kandangnya, sampai mencapai pertumbuhan bulu yang sempurna. Penempatan tempat makan atau minum juga sama.
            Saat ini berbagai perlengkapan kandang (tempat makan / minum) buatan pabrik, dari yang sederhana sampai yang otomatis mulai banyak diperjualbelikan
1.      Ransum starter (0-3 minggu)
            Ransum yaitu campuran dari berbagai bahan pakanyang diberikan selama 24 jam. Bahan pakan yang biasa digunakan untuk ransum ayam broiler yaitu jagung kuning, dedak halus, bungkil kedelai, bungkil kelapa, tepung ikan, minyak kelapa, kulit kerang, dan tepung tulang.
            Penyusunan ansum ayam broiler, didasarkan pada kandungan energi dan protein. Untuk ayam broiler, pada umur 0-3 minggu, ransum yang digunakan harus mengandung protein 23% dan energi metabolis 3.200 kkal/kg (NRC/2984). Namun menururt beberapa penelitian bisa juga digunakan ransum dengan protein 22% dan energi metabolis 3000 kkal/kg sampai ayam tersebut dipanen. Kandungan lain yang harus diperhatikan yaitu serat kasar 7%, lemak 8%, kalsium 1%, dan phosphor yang tersedia sekitar 0,45%.
            Untuk itu jika akan menyusun ransum perlu diketahui kandungan zat-zat makanan yang terkandung di dalam bahan pakan yang akan digunakan. Kandungan zat makanan dapat diketahui melalui analisa laboratorium dapat dilihat pada tabel 1.
Tabel 1. Kandungan zat-zat makanan dan energi metabolis pakan
No
Bahan pakan
Protein (%)
Lemak (%)
Serat kasar (%)
Energi metabolis (kkal/kg)
1
Jagung kuning
8,6
3,9
2,0
3.370
2
Dedak halus
12,0
13,0
12,0
1.630
3
Bungkil kedelai
45,0
0,9
6,0
2.240
4
Bungkil kelapa
21,0
1,8
15,0
1.540
5
Bungkil kacang tanah
42,0
1,9
17,0
2.200
6
Tepung ikan
61,0
4,0
1,0
2.830

            Berdasarkan hasil analisa kandungan zat-zat pada bahan pakan dan kebutuhan ransum untuk ayam maka dapat disusun ransum yang diperlukan. Contoh ransum ayam broiler untuk fase starter dapat dilihat pada tabel 2.

Tabel 2. Susunan ransum ayam broiler fase starter
No
Bahan pakan
Jumlah
Protein
lemak
Serat kasar
EM
1
Jagung
60,00
5,16
2,34
1,20
2.022,00
2
Dedak halus
3,00
0,36
0,39
0,36
48,90
3
Bungkil kedelai
20,50
9,23
0,18
1,23
459,20
4
Bungkil kelapa
1,50
0,32
0,02
0,23
23,10
5
Tepung ikan
13,00
7,90
0,52
0,13
370,50
6
Minyak kelapa
1,50
-
-
-
129,00
7
Premix-A
0,50
-
-
-
-

Jumlah
100,00
22,97
3,45
3,15
3.052,70
                    
            Untuk memudahkan perhitungan, ransum disusun per seratus kilo gram. Ransum pada tabel 2 dihitung dengan menggunakan energi metabolis 3000 kkal/kg dengan protein 23%. Kandungan protein ransum ini cukup tinggi, agar bisa mendukung pertumbuhan ayam. Masa pertumbuhan ayam broiler yang paling cepat yaitu sejak menetas sampai umur 3-4 minggu.
2.      Pencegahan penyakit
            Untuk menghasilkan ayam broiler yang sehat, selain memperhatikan kebersihan lingkungan juga perlu melakukan vaksinasi maupun pemberian obat-obatan dan vitamin. Vaksinasi dilakukan untuk mencegah penyakit unggas menular yang tidak bisa diobati misalnya ND/tetelo, dan gumboro. Jenis vaksin ND ini banyak tersedia di poultry shop dengan merk dagang dan cara penggunaan yang berbeda. Contoh vaksin gumboro yaitu Medivac Gumboro-A, yang diberikan sekitar 12 hari. Pemberian jenis vaksin yang berbeda tidak dilakukan pada waktu yang bersamaan karena dikhawatirkan ayam tidak tahan. Contoh program pencegahan penyakit dalam pemeliharaan ayam broiler dapat dilihat pada tabel 3.
            Dosis pemakaian dan petunjuk penggunaannya biasanya tercantum dalam kemasan vaksin yang akan digunakan. Vaksinasi sebaiknya dilakukan pada sore hari agar ayam lebih mudah ditangkap (bila vaksin melalui suntikan ). Di samping itu, vaksin tidak akan terkena sinar matahari yang dapat mematikan vaksin. Jika vaksin diberikan melalui air minum, maka ayam harus dipuasakan dulu sekitar 2-3 jam sebelummya supaya air minum yang telah diberi larutan vaksin cepat habis, sehingga vaksin tidak mati atau terbuang.
            Program pencegahan penyakit atau penggunaan obat-obatan/ vitamin, untuk tiap peternak berbeda-beda tergantung kepada jenis penyakit yang sering timbul di peternakan tersebut. Serangan penyakit ini dapat meningkatkan angka kematian. Angka kematian sekitar 5% dari mulai pemeliharaan DOC sampai dipasarkan, masih dianggap cukup berhasil.
Tabel 3. Program pencegahan penyakit dalam pemeliharaan ayam broiler
Umur (hari)
Nama vaksin/obat
Teknik pelaksanaan
tujuan
1-2
Hidrostress
5 g/10 liter air minum
Mengurangi stress
1-6
Vaksin ND
  Tetes mata
Mencegah penyalit ND
3-5
Sindoflox
1 ml/2 liter air minum
Mencegah CRD
6-8
Vitastress
1 g/1 liter air minum
Mengurangi stress
9-11
Theraphy
1 g/2 liter air minum
Mencegah coccidiocis
12
Medivac Gumboro A
Melalui air minum
Mencegah gumboro
12-15
Hidrostress
5 g/10 liter air minum
Mengurangi stres
16-17
Theraphy
1 g/2 liter air minum
Mencegah coccidiocis
18-19
Hidrostress
5 g/10 liter air minum
Mengurangi stres
22-23
Theraphy
1 g/2 liter air minum
Mencegah coccidiocis
24-27
Hidrostress
5 g/2 liter air minum
Mengurangi stres
28-23
Dinabro
5 g/10 liter air minum
Merangsang pertumbuhan
2.3. Pemeliharaan Grower/ Finisher
1. Kandang 
a. sistem litter
            Anak ayam yang bulunya telah tumbuh sempurna (selesai fase starter) biasanya dipindahkan ke kandang finisher. Dalam pemeliharaan broiler biasanya kandang untuk pemeliharaan finisher juga digunakan untuk brooder.
Bagunan kandang yang digunakan yaitu kandang yang kedua sisi dindingnya terbuka sebagai ventilasi. Pemeliharaan ayam broiler biasanya menggunakan sistem litter. Sistem litter yaitu kandang yang lantainya ditutup dengan bahan organik yang partikelnya berukuran kecil. Sistem litter banyak dipakai karena pemeliharaannya mudah dan murah. Sementara pemeliharaan dalam sistem cage biayanya lebih mahal dan pemeliharaannya relatif lebih sulit. Bahan  litter yang digunakan harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut.
·        Ringan.
·        Mempunyai partikel yang sedang.
·        Daya serap yang tinggi.
·        Cepat menjadi kering.
·        Lunak.
·        Mempunyai nilai konduksi panas yang rendah.
·        Tidak menghisap air dari udara.
·        Murah dan mudah di dapat.
·        Dapat digunakan untuk pupuk.
            Dalam keadaan terpaksa litter bekas yang pernah dipakai bisa digunakan lagi. Namun, perlu diperhatikan bahwa litter tersebut harus kering dan bukan bekas pemeliharaan ayam yang pernah terkena penyakit menular supaya tidak terjadi penularan penyakit kepada ayam yang akan dipelihara.
            Hal lain juga perlu di perhatikan yaitu populasi ayam dalam kandang sebaiknya tidak terlalu padat. Jika terlalu padat maka akan mempengaruhi performa ayam, misalnya sebagai berikut.
·         Konsumsi ransum menurun akibat beberapa hal misalnya. Temperatur kandang meningkat, ransum banyak yang tumpah dan kesempatan makan yang berkurang.
·         Pertumbuhan menurun.
·         Efisiensi penggunaan ransum menurun.
·         Kematian bertambah.
·         Kanibalisme bertambah.
·         Banyak terjadi breast blister (bagian yang mengeras di bagian dada).
·         Pertumbuhan bulu berkurang.
·         Banyak patah tulang pada saat processing (condemnation).
            Kandang sistem litter dengan populasi terlalu padat biasanya sanagnt bau dan kondisi litter basah. Bau ini timbul karena adanya gas amonia (NH3) yang dihasilkan oleh mikroorganisme dalam proses pembusukan kotoran. Jika kadar amonia dalam kandang sudah mencapai 50 ppm maka berat badan ayam yang dipelihara akan berkuarang sekitar 8% pada umur 7 minggu. Kondisi litter yang basah bisa menimbulkan berbagai macam penyakit (snot, penyakit cacing, dan sebagainya).
            Kadar amonia dalam kandang akan cepat, meningkat jika pH litter mencapai 8, sedangkan jika pH < 7 maka amonia yang terbentuk akan lebih sedikit. Untuk mengurangi bau dalam kandang ini dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
·         Mengurangi kepadatan ayam dalam kandang. Kepadatan biasanya 10-12 ekor/m2, untuk dataran rendah biasanya 8-10 ekor/m2.
·         Dengan mencampurkan superphosphat 1,09 kg/m2  pada litter atau dengan menyemprotkan posphoric acid 1,9 liter/m2.
            Kandang sistem litter bisa dibuat bertingkat (dua/tiga lantai). Namun, dengan kandang bertingkat, lebih banyak tenaga kerja yang digunakan apalagi kalau pemberian makan/minum dilakukan secara manual.
            Di daerah-daerah dekat pantai, kandang yang digunakan biasanya menggunakan sistem panggung dengan alas dari bilah-bilah bumbu atau kayu. Hal ini dimaksudkan agar didalam kandang tidak terlalu panas karena ada udara yang bisa masuk dari bawah kandang.
b. Sistem cage
            selain pemeliharaan dalam sistem litter, ayam broiler dapat pula dipelihara dalam sistem cage. Peternak jarang yang menggunakan sistem ini karena biayanya cukup mahal.
Kelebihan pemeliharaan dengan sistem cage yaitu sebagai berikut.
·        Lebih banyak ayam yang bisa dipelihara karena kandang bisa ditingkatkan.
·        Penangkapan ayam lebih mudah pada saat akan dipasarkan dan resiko bruises (memar) dapat dikurangi.
·        Biaya litter tidak ada.
·        Penyakit coccidiocis dapat dikurangi.
·        Pembersihan kandang lebih mudah.
Kerugian pemeliharaan dengan sistem cage yaitu sebagai berikut.
·        Banyak yang mengalami breast blister (lepuh dada).
·        Tulang dada banyak yang bengkok.
·        Banyak trim (garis-garis merah) pada kulit setelah processing.
·        Tulang sayap biasanya rapuh, sehingga banyak terjadi kerusakan pada saat apkir.
·        Sering terjadi infeksi pada folicle bulu.
2.  Perlengkapan Kandang
            Pemeliharaan broiler umumnya menggunakan sistem litter, tetapi di daerah-daerah tertentu menggunakan sistem slatt. Tempat makanan dan minuman merupakan perlengkapan yang harus ada di dalam kandang. Bentuk tempat makan dan minum ini agak sedikit berbeda bila di bandingkan dengan tempat makan atau minum anak ayam.
            Sebelum kita memberi makan dan minum, tedapat makanan dan minum harus dalam keadaan bersi. Jika dalam tempat ada sisa-sisa makanan yang sudah tengik/busuk maka akan menurunkan nafsu makan ayam dan menjadi sumber penyakit.
            Untuk menjaga agar ayam tetap sehat maka tempat makan/minum harus mudah di bersihkan,tidak mudah tumpah, mudah di isi, dan ayam mudah makan/minum dari tempat tersebut. Tempat di buat oleh pabrik dengan design sederhana sampai otomatis. Bahan-bahan yang di gunakan sebagian besar di buat dari plastik sehingga mudah di bersihkan.
            Tempat makan/minum yang di gunakan petani ternak, umumnya berbentuk bulat (hanging feeder/materrer) di gantung di langit-langit kandang dengan kawat/tali. Dalam menyediakan tempat makan/minum harus disesuaikan dengan jumlah ayam yang ada dan telah diperhitungkan setiap ekor ayam mempunyai  kesempatan yang sama dalam mengambil makan/minum. Jika tempat makan kurang, maka ayam akan berebut mengambil makam/minum sehingga banyak tercecer bahkan tumpah.
            Untuk mengontrol cukupnya persediaan tempat makan dapat dilakukan dengan melihat sesaat setelah ayam diberi makan, apakah semuanya bisa makan bersamaan atau tidak. Jika ada sebagian ayam yang tidak mempunyai peluang makan pada saat yang bersamaan, maka tempat makan perlu ditambah. Berbeda dengan tempat air minum, karena ayam biasanya tidak minum bersamaan tetapi bergiliran.
            Tempat makan/minum yang berbentuk trough sudah jarang digunakan dalam kandang sistem litter karena ransum mudah tercemari oleh kotoran. Ransum yang tercemari biasanya dibuang sehingga menjadi tidak efisien. Perusahaan besar biasanya menggunakan tempat makan/minum otomatis.
3. Ransum Fase Finisher
            Pada periode finisher (umur 3-6 minggu), kondisi pertumbuhan ayam broiler mulai menurun. Untuk itu, protein dalam ransum diturunkan menjadi 20% (NRC, 1994), sedangkan energi ransum, yang digunakan 3000-3200 kkal/kg. Bahan-bahan penyusun ransum untuk starter tidak berbeda dengan bahan penyusun ransum untuk finisher. Bentuk fisik ransum yang biasa diberikan pada ayam broiler bisa berbentuk pellet, mash, atau crumble. Ransum ayam broiler banyak dijual dengan merk dagang yang berbeda-beda, tergantung pabrik yang mengeluarkan.
            Penggantian ransum starter dengan ransum finisher sebaiknya tidak dilakukan sekaligus, tetapi secara bertahap. Pada hari pertama mula-mula deberi ransum starter 75% di tambah ransum finisher 25%, pada hari berikutnya diberi ransum finisher 75% dan pada hari berikutnya baru diberikan ransum finisher seluruhnya. Jika tahapan ini tidak dilakukan maka nafsu makan ayam menurun untuk beberapa hari dan dikhawatirkan akan menghambat pertumbuhan.
            Kadang-kadang para peternak tidak membeli ransum yang sudah jadi, tetapi membeli konsentrat dan mencampurnya dengan bahan pakan yang mereka miliki misalnya jagung. Konsentrat adalah campuran bahan pakan yang mengandung gizi tinggi untuk dicampur dengan bahan pakan lain sehingga tercapai kebutuhan untuk ternak yang akan diberi makan sesuai dengan tujuan produksinya.
 
Tabel 4. Susunan Ransum Broiler Finisher
No
Bahan Pakan
Jumlah
PK (%)
LK
(%)
SK
(%)
CA
(%)
P
(%)
EM (kkal/kg)
1
Jagung kuning
60,0
5,16
2,34
1,20
0,01
0,06
2.022,00
2
Bungkil kedelai
15,0
6,75
0,13
0,90
0,04
0,04
336,00
3
Dedak halus
5,5
0,66
0,71
0,66
0,01
0,01
89,65
4
Tepung ikan
11,0
6,71
0,44
0,31
0,60
0,30
311,30
5
Bungkil kelapa
5,0
1,05
0,09
0,75
0,01
0,01
84,70
6
Minyak kelapa
2,0
-
2,00
-
-
-
172,00
7
grit
1,0
-
-
-
0,38
0,20
-
8
premix
0,5
-
-
-
-
-
-
Jumlah
100,0
20,33
5,71
3,62
1,05
0,62
3.015,65

2.4. Konsumsi Ransum
            Ayam mengkonsumsi ransum untuk memenuuhi kebutuhan energinya, sebelum kebutuhan energinya terpenuhi ayam akan terus makan. Jika ayam diberi ransum dengan kandungan energi yang rendah maka ayam akan makanlebih banyak. Sebaliknya, jika disediakan ransum dengan kandungan energi tinggi maka ayam akan makan lebih sedikit, karena kebutuhan energinya cepat terpenuhi. Sumber energi utama dalam ransum biasanya menggunakan jagung kuning.
            Temperatur lingkungan berpengaruh terhadap konsumsi ransum. Jika temperatur lingkungan meningkat dari keadaan normal maka ayam akan lebih banyak  minum dan sedikit makan. Sebaliknya jika temperatur lingkungan menurun maka konsumsi ransum meningkat. Temperatur lingkungan yang optimal untuk pemeliharaan broiler yaitu sekitar 18-21˚ C.
            Faktor lain yang dapat mempengaruhi konsumsi ransum yaitu bentuk fisik ransum. Bentuk fisik ransum yang biasa diberikan kepada ayam broiler  adalah mash, crumble, dan pellet. Bentuk pellet lebih bnayak di makan karena unggas umunya lebih menyukai ransum bentuk butiran.
            Dari hasil penelitian, pemeliharaan ayam broiler tanpa pemisahan jenis kelamin, dengan waktu pemeliharaan selama 5 minggu, yang diberi ransum dengan energi metabolis 3000 kkal/kg dan protein ransum 22%, ransum yang dihabiskan sekitar 2,5 kg/ekor, bobot badan yang dihasilkan berkisar 1,2-1,3 kg/ekor.
2.5. Konsumsi Minum
            Air minum harus selalu tersedia setiap saat untuk broiler dengan kualitas air minum yang baik dan bebas dari Salmonella, E.Colli dan bakteria patogen lainnya. Kekurangan persediaan air minum, baik dalam jumlah, penyebaran serta jumlah tempat minum dan konsumsinya dapat mempengaruhi proses pertumbuhan
Pada saat ayam datang, berikan larutan gula 1% paling lama 2 – 3 jam pertama serta berikan antibiotik pada hari ke-1 hingga ke-3 disaat pagi hari (paling lama 5 – 6 jam) dan berikan vitamin pada saat sore hari.
            Air harus selalu bersih dan segar dan dilakukan test secara teratur terhadap kandungan zat kimia dan komposisi bakteriologi (6 bulan sekali). Untuk menjaga air dalam kondisi normal, gunakan 3-5 ppm chlorine untuk mengurangi masalah Salmonella, E.Colli dan bakteria patogen lainnya.
  • Ketinggian tempat air minum untuk broiler
            Tempat air minum harus selalu dicek ketinggiannya setiap hari. Pada umur 18 hari diatur ketinggiannya bibir tempat air minum sejajar dengan punggung ayam. Kandang yang menggunakan nipple harus disesuaikan ketinggiannya secara sentral menggunakan kerekan (handwind) sehingga ayam dapat minum dengan mengangkat kepala 34◦-45◦ terhadap nipple.
  • Level air minum
            Ketinggian air minum sebaiknya 0,6 cm di bawah tutup tempat minum sampai dengan 7-10 hari dan harus ada air di dasar tempat minum dengan ketinggian 0,6 cm sejak hari ke-10 dan selanjutnya. Pengeluaran air dari nipple minimal 80 ml per menit dengan tekanan 30-40 cm water column.
  • Kualitas air minum
            Kualitas air sangat penting karena ayam minum 2-2,5 kali dari jumlah pakan yang dikonsumsinya. Lakukan analisa kualitas air minum dua kali setahun untuk memastikan bahwa air minum tersebut masih layak dikonsumsi ditinjau dari kandungan mineral, bahan organic dan bakteri.
            Pada temperature normal, konsumsi air minum ayam adalah 1,6 – 2,0 kali dari konsumsi pakan. Faktor ini sebaiknya digunakan sebagai pedoman sehingga penyimpangan konsumsi air yang berkaitan dengan kualitas pakan, temperature atau kesehatan ayam dapat segera diketahui dan diperbaiki.
Konsumsi air/100 ekor/hari
(pada suhu 21o C)
Umur (minggu) liter
1. 58 – 65
2. 102 – 115
3. 149 – 167
4. 192 – 216
5. 232 – 261
6. 274 – 308
7. 309 – 347
8. 342 – 385
2.6. Konversi Ransum
            Efisiensi ransum yang diberikan kepada ayam bisa dilihat dari angka konversi ransum. Konversi ransum didenifisikan sebagai banyaknya ransum yang dihabiskan untuk menghasilkan setiap kilogram pertambahan bobot badan. Angka konversi ransum yang rendah (kecil) berarti banyaknya ransum yang digunakan untuk menghasilkan satu kilogram daging semakin sedikit, begitu pula sebaliknya.
            Pada minggu pertama, angka konversu ransum ayam broiler ini rendah. Pada minggu-minggu berikutnya akan meningkat sesuai dengan kecepatan pertumbuhannya.
            Tabel 5 memperlihatkan bahwa jantan lebih efisien dalam mengubah ransum menjadi daging dibandingkan betina. Hal ini karena pertumbuhan jantan lebih cepat dibandingkan betina. Pada umur 6 minggu, konfersi ransum pada jantan maupun betina diatas angka dua. Jika konversi ransum jauh di atas angka dua maka kurang menguntungkan. Oleh karena itu ayam broiler dipasarkan  maksimal umur 6 minggu.
Tabel 5. Konversi ransum ayam broiler selama 6 minggu
Umur (Minggu)
Jantan
Betina
Jantan Dan Betina
1
0,80
0,80
0,80
2
1,20
1,22
1,21
3
1,37
1,41
1,39
4
1,70
1,78
1,74
5
1,98
2,08
2.03
6
2,29
2,35
2.32


58 komentar:

  1. mbak cantik... q ngopy ya buat ngerjain tugas kuliahku... heee

    BalasHapus
  2. SIP..ijin ngopi tabelnya ya..,
    tambah sip lagi kalo ditambahi dapus..

    BalasHapus
  3. Mbak izin sedownload ya bagus nih lebih bagus dapusya disertakan,.,.
    biar lebih jelas
    thanks

    BalasHapus
  4. ijin copy ya mbak :D
    makasih

    BalasHapus
  5. saya deni dari medan sumatra utara siap suplay dedek halus
    premium greade A super dengan harga pasaran dan untuk pengambilan
    banyak harga bisa di nego, silakan hubungi saya untuk barang contoh \
    di wa 0819 1991 2611

    BalasHapus
  6. Lain kali dikasih daftar pustaka kak, jadi kita gak disebut plagiat 😊😊😊
    Makasih buat infonya

    BalasHapus
  7. jadi fase frower dan finisher tuh sama?

    BalasHapus
  8. PROMO BONUS DEPOSIT NEW MEMBER INDOKARTU

    Minimal Deposit!

    === 7 Permainan 1 USER ID ===
    JUDI KARTU ONLINE & AGEN POKER ONLINE
    INDOKARTU merupakan web judi poker online Indonesia terpercaya dan terlengkap dalam menyediakan game poker online seperti poker online, domino online, bandar ceme online, blackjack online, Bahkan sebagai situs Agen Poker Online uang asli yang menyediakan transaksi dari bank BCA, BNI, BRI, Bank Mandiri, memberikan minimal deposit yang sangat murah serta memberikan hadiah jackpot setiap harinya & bisa main dengan para pemain dari seluruh kota yang ada di Indonesia. Main poker online terpercaya di IndoKartu

    http://www.indokartu.info/2018/07/23/pot-limit-omaha-poker-game-baru-dari-idn/
    http://www.indokartu.info/2018/07/28/cara-bermain-ceme-online-di-situs-terpercaya/
    http://www.indokartu.info/2018/07/31/tips-dan-trik-bermain-domino-qiu-qiu-online/


    Ayo daftar sekarang di indokartu.net

    BalasHapus
  9. PROMO MEMBER BARU 15%

    DewaZeus adalah bagian dari situs ZeusBola, yang merupakan agen bandar taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Agen Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di judi online terpercaya.

    Juga Sebagai Delegasi Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama bersama maskapai Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh penguasaan Isle of Man untuk beroperasi yang merupakan juru taruhan sport sedunia.

    main judi pakai pulsa

    Ayo daftar sekarang di dewazeus.pw

    BalasHapus
  10. INGIN MENCOBA KEBERUNTUNGAN DI SITUS JUDI ONLINE, TAPI TIDAK MEMILIKI REKENING ?

    BERGABUNG DI SITUS AGEN ZEUSBOLA.WIN SOLUSI TERBAIKNYA

    Daftar Akun Betting Online Bersama Agen ZEUSBOLA


    Whatsapp Zeusbola

    Link Alternatif ZEUSBOLA : https://zeus303.com/

    Deposit Via OVO


    Deposit Via Pulsa


    Deposit Via Go Pay

    BalasHapus
  11. S128Cash Agen Bandar Judi Online Terbesar di ASIA
    Situs Bandar Sportbooks, Live Casino, Sabung Ayam Online, Slot Games, Tembak Ikan, Togel Online dan masih ada games lainnya.
    Kelebihan S128Cash :
    - 100% Aman, Terjamin dan Terpercaya
    - Kepercayaan dan Kepuasan member kami selalu di utamakan !!
    - Untuk pendaftaran FREE, mudah dan sangat cepat.
    - Pelayanan CS 24JAM / 7Hari NONSTOP yang sangat ramah dan profesional siap melayani Anda.
    - Menyediakan semua bank local INDONESIA
    - Menyediakan deposit via PULSA, OVO dan GOPAY !!
    - Proses Deposit & Withdraw hanya butuh kurang dari 2 menit.

    Segera DAFTARKAN diri Anda dan bergabung bersama kami.
    Contact US :
    - Livechat : S128Cash
    - WhatsApp : 081910053031

    Link Alternatif :
    - http://www.s128cash.org

    Ayam Sabung

    BalasHapus
  12. Raih Keuntungan Bersama Situs Poker Deposit Pulsa

    Daftar Poker Online Deposit Pulsa Ponsel Indonesia Bersama http://zeusbola.cc/

    Dapatkan Berbagai Fasilitas Menarik Serta Bonus dari Agen ZEUSBOLA!

    • Layanan Customer Service Online 24Jam
    • Menerima Deposit All Bank Lokal Indonesia
    • Menerima Deposit Via Pulsa Telkomsel, Xl/Axis
    • Menerima Deposit Via Ovo
    • Menerima Deposit Via Gopay
    • Menerima Deposit Via LINKAJA / TCASH
    • Menerima Deposit Via DANA
    • Pelayanan Terbaik, Teraman Dan Terpercaya ( FAST RESPON )

    Bonus Sabung Ayam S128 Online Terpercaya ::
    • Bonus New Member
    • Bonus Harian
    • Bonus Cashback
    • Bonus Rollingan
    • Bonus Win Berturut-turut ( S128 SV388 SABUNG AYAM ONLINE )

    Bagi Anda Yang Mencari Pelayanan CS Cepat Anda Harus Mencoba Mendaftar Dan Bermain di Bolazeus.com, Karena Selain CS Yang Ramah, Di ZeusBola Proses Deposit & Withdraw Hanya Butuh Waktu 1 - 3 Menit Saja !!

    Daftar Situs Judi Online Deposit Pulsa Ponsel Indonesia Terpercaya
    Link Daftar : http://104.248.148.252/register

    DAFTAR Judi S128 Sabung Ayam Deposit Pulsa – S128 Sabung Ayam Pulsa : http://178.128.92.55/.

    Hubungi Contact Kami Untuk Informasi Lebih Lanjut :

    Contact Person Us :
    Link : http://zeusbola.cc/.
    Whatsapp : 0813 3355 5996
    SMS : 0813 3355 5996

    BalasHapus
  13. POKERVITA
    JUDI ONLINE TEXAS POKER

    Juga Taruhan Kartu Tradisional Sakong Online
    Bayar Pakai GoPay

    Anda Dapat Bermain Setiap Hari dan Selalu Menang Bersama Poker Vita
    Situs Situs Tersedia bebebagai jenis Permainan games online lain

    Kami Terima semua BANK Nasional dan Daerah, OVO&GOPAY Deposit dan Penarikan Dana. Untuk permasalahan apapun Anda selalu dapat menghubungi Tim Support kami, Kami online 24 jam/7 hari untuk menjawab pertanyaan Anda dan menangani masalah apapun.


    Whatsapp : 0812-222-2996

    BalasHapus
  14. Dapatkan keseruan dengan deposit minimal 10ribu di Donaco Poker...Menangkan bonus jackpot hingga puluhan juta rupiah tanpa ribet...

    Ikuti Promo Menarik Setiap Bulannya dari Donaco Poker...Dapatkan Bonus Chip Setiap Hari....

    Gunakan OVO pay untuk memudahkan dan mempercepat proses deposit anda!!

    Dapatkan Juga Bonus Dari Donaco Poker...
    - Bonus Deposit 15% New Member Weekend.
    - Bonus Deposit 10% Next Deposit Weekend.
    - BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
    - BONUS ROLLINGAN MINGGUAN 0.5%
    - BONUS KEJUTAN LAINNYA

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus
  15. Permainan Poker Paling Seru Bersama Winning303...
    Menghadirkan IGpoker & IDN poker..

    Dengan 1 User ID, Sudah Dapat Bermain 8 Games Kartu Populer :
    1. Texas Poker
    2. Omaha Poker
    3. Domino QQ
    4. Ceme Keliling
    5. Bandar Ceme
    6. Capsa Susun
    7. Bandar Capsa
    8. BIG 2

    Tunggu Apa Lagi, Ayok Segera Daftarkan Diri Anda Bersama Kami Di Winning303

    Informasi Lebih Lanjut, Silakan Hubungi Kami Di :

    - WA : +6287785425244

    BalasHapus
  16. Deposit Via Pulsa Murah – Judi online saat ini tidak mewajibkan anda melakukan deposit menggunakan uang anda langsung. Situs Pokervita saat ini telah menyediakan layanan deposit pulsa yang memperbolehkan anda bermain judi via pulsa. Minimal deposit via pulsa murah sekali, mulai dari pulsa Rp. 5.000,-. Serta untuk saat ini, situs Pokervita menerima deposit via pulsa untuk provider Telkomsel, Axis dan XL.

    http://167.71.214.170/
    Texas Poker
    Judi Poker
    Sakong Online
    Judi Deposit Pulsa
    Bandar66 Pulsa
    Deposit Via LinkAja

    Kontak Pokervita
    Livechat Pokervita
    WA: 08122222996
    Wechat: pokervitaofficial
    Line: vitapoker

    BalasHapus
  17. Permainan Poker Paling Seru Bersama Winning303...
    Menghadirkan IGpoker 7 IDN poker..

    Dengan 1 User ID, Sudah Dapat Bermain 8 Games Kartu Populer :
    1. Texas Poker
    2. Omaha Poker
    3. Domino QQ
    4. Ceme Keliling
    5. Bandar Ceme
    6. Capsa Susun
    7. Bandar Capsa
    8. BIG 2

    Dapatkan Bonus new member 10%

    Tunggu Apa Lagi, Ayok Segera Daftarkan Diri Anda Bersama Kami Di Winning303

    Informasi Lebih Lanjut, Silakan Hubungi Kami Di :

    - WA : +6287785425244

    BalasHapus
  18. DEPOSIT BISA VIA PULSA!

    Kantor Cabang Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yg sediakan jasa layanan guna awal akun permainan judi atau taruhan online terhadap anda di duta judi online yg berderajat International, sungguh dan terpercaya hanya di poker pulsa.

    Yang Merupakan Peserta Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dgn maskapai Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh penaklukan Isle of Man guna beroperasi yang merupakan juru taruhan latihan jasmani sedunia.


    https://bolazeus.site/2018/12/28/situs-agen-taruhan-sabung-ayam-s128-deposit-pulsa-termurah/
    https://bolazeus.site/2018/12/27/link-alternatif-s128-deposit-pulsa-sabung-ayam-online/
    https://bolazeus.site/2018/12/26/panduan-judi-deposit-pulsa-telkomsel-teraman/
    https://bolazeus.site/2018/12/26/cara-memilih-agen-poker-deposit-via-pulsa/

    promo s128

    Daftar di Link Alternatif anti Internet Positif disini :
    https://zeus365.net
    zeus303.com

    Ayo daftar sekarang di Zeusbola

    BalasHapus
  19. Dapatkan Penghasilan Tambahan Disini..
    Donaco Poker.. Agen Terpercaya dan Teraman..
    Kemenangan besar bisa di dapatkan...

    Ikuti Festival Poker di Donaco Poker..
    Dapatkan bonus-bonus menarik...
    Cukup Deposit 10rb anda bisa dapatkan semuanya...

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus
  20. Nikmati Bonus Spesial Agen Sabung Ayam Live Sebesar 100% di Situs Bolavita Sekarang juga !

    Promo Spesial ini dapat anda klaim setiap hari. Bolavita menyediakan pendaftaran Akun Sabung Ayam Online S128 dan Sv388 secara gratis !

    Klik Link Disamping ini »» http://159.89.197.59/

    Informasi selengkapnya, hubungi cs kami yang bertugas 24 Jam Online Setiap Hari dibawah ini:
    » Nomor WA : +62812-2222-995
    » ID Telegram : @bolavitacc
    » ID Line : cs_bolavita
    » ID WeChat : BOLAVITA

    BalasHapus
  21. Nikmati Bonus Freechip di Ulang Tahun Agen Bolavita Di Bulan Maret 2020 !

    Bolavita Menyediakan permainan yang sangat lengkap ! Memiliki Licensi Resmi Yang Berlokasi di Filipina, Aman dan Terjamin Keamanannya !

    Menyediakan Deposit Via Linkaja, Ovo, Gopay, Dana, Pulsa Xl & Telkomsel serta Semua jenis rekening bank di Indonesia..

    Untuk anda yang hobi bermain judi online... Daftar sekarang juga di Bolavita !

    Baca Promo Klik link di samping ini » http://159.89.197.59/freechip-ulang-tahun-bolavita-ke-7/

    Kontak Resmi :
    » Nomor WhatsApp : +62812-2222-995
    » ID Telegram : @bolavitacc
    » ID Wechat : Bolavita
    » ID Line : cs_bolavita

    #agenbolavita #bandarbolavita #situsbolavita #casino #sabungayam #roulette #judidadu #judionline #bandaronline

    SABUNG AYAM S128
    SV388
    SLOT
    CASINO
    TEMBAK IKAN
    SPORTSBOOK

    BalasHapus
  22. Apa yang dapat anda dapatkan dengan uang 10rb di zaman saat ini? Sebab kita melihat jika 10rb tidak berarti untuk saat ini. Namun, Di Pokerayam anda berpeluang mendapatkan keuntungan besar hanya dengan modal 10rb saja.

    Bonus Freechip Pokerayam :
    > Bonus New Member 10%
    > Bonus Deposit Harian 5%
    > Bonus Rake Back Mingguan
    > Bonus Refferal 15%

    Menerima Berbagai Metode Transaksi Terlengkap di Indonesia Minimal Deposit 10rb
    - Semua Bank Lokal
    - OVO
    - Gopay
    - Dana
    - Pulsa (Minimal Deposit 25rb Rate Terbaik)

    * Situs Poker Deposit 10rb Termurah
    * Aplikasi Poker Online
    * Kontak PokerAyam
    * Link Alternatif Pokerayam

    HUBUNGI KAMI:
    pokerayam.cc
    WA : 0812-2222-1680
    LINE : POKERAYAM

    BalasHapus
  23. Museum Poker

    Agen judi Poker terbaru

    POKER ONLINE DEPOSIT VIA PULSA & DEPOSIT VIA OVOPAY

    #bonus deposit pulsa dengan minimal depo 50 rb

    Link alternatif MuseumPoker : museumpoker.cc

    BalasHapus
  24. Kabar Gembira Untuk Kita Semua Agen Terpercaya kini sudah hadir di Indonesia.. Pelayanannya tidak mengecewakan alias Full Service.. Bergabunglah Bersama kami jika anda tidak mau ketinggalan..
    Mari Kunjungin Segera Website kami ZEUSBOLA...!!!

    Jenis permainan yang kami sediakan yaitu :

    *SPORTSBOOK
    *LIVE CASINO
    *IDN LIVE
    *IDN POKER
    *SLOT GAMES
    *TEMBAK IKAN
    *JOKER123
    *SABUNG AYAM
    *TOGEL ONLINE

    Caranya mainnya juga gampang, langsung daftar di link ini
    atau hubungi kontaknya di https://linktr.ee/zeusbola.official ( KLIK DISINI )

    Untuk Layanan Support Bank yang dapat dipergunakan pada Judi Online ZEUSBOLA terdapat beberapa jenis Bank Lokal seperti :

    Bank BCA

    Bank BNI

    Bank BRI

    Bank DANAMON

    Bank MANDIRI


    Promo Bonus yang berlangsung pada Judi Online ZEUSBOLA :
    Bonus New Member 15%
    Bonus New Member 10% ( Sabung Ayam )
    Bonus Cashback/Kekalahan Sportsbook Up To 15%
    Bonus Rollingan Up To 0.6%
    Bonus Harian 10%
    Bonus Reward

    Serta terdapat berbagai jenis kelebihan dari ZEUSBOLA yang bisa anda dapatkan yaitu :

    Bisa Deposit dengan VIA PULSA / OVO / GOPAY / LINKAJA / DANA.

    Deposit & Withdraw tidak sulit dan sangat cepat.

    Proteksi Keamanan user ID member terbaik.

    Proteksi keamanan pada menu Lupa Password yang aman serta tidak menyulitkan.

    Layanan Website 24jam setiap hari.

    Tanpa adanya rekasaya apapun dalam permainan (NOBOT).

    Bonus Paling mudah didapatkan dan paling besar.


    Segera Daftarkan diri anda dan bermain bersama kami di ZEUSBOLA.
    Alamat Situs Resmi :http://zeusbola.site/

    Alamat Situs Alternatif :
    http://zeusbola.club/
    http://zeusbola.site/
    http://zeusbola.best/

    Kontak ZEUSBOLA :
    Whatsap : +62 813 3355 5996
    LINE : ZEUSBOLA
    TELEGRAM: t.me/zeusbola

    Situs Judi Ceme Deposit Pulsa

    Deposit Judi Bola Online Dengan Pulsa

    BalasHapus
  25. Dapatkan Double Bonus dari Donaco Poker Setiap Hari!!
    Mau Tau Caranya??? Ayo Daftar..!!.atau Hubungi Kami Segera......

    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus
  26. Linkaja88 Adalah Agen Penyedia Judi Sabung Ayam Online Terpercaya di Indonesia. Bagi anda yang hobi pasang taruhan sabung ayam online, Linkaja88 menyediakan pertandingan sabung ayam Live dari produk Sabung Ayam S128 Dan Sabung Ayam Sv388.

    Linkaja88 Cukup populer sebagai situs taruhan online di Indonesia. Memiliki Licensi resmi dari Filipina dan menjadi satu-satunya Agen yang menyediakan Judi Online Deposit Menggunakan Linkaja Terbesar di Indonesia.

    Promo yang dapat kamu nikmati :

    ★ Bonus 10% Deposit Pertama !
    ★ Bonus 5% Deposit Setiap Hari
    ★ Bonus 100% Win Beruntun 8x, 9x, 10x (dapat di Klaim Setiap Hari)
    ★ Bonus Cashback Mingguan 5% s/d 10%
    ★ Bonus Referral 7% + 2%
    ★ Bonus Rollingan 0,5% + 0,7%

    Linkaja88 menjadi Agen Judi Online yang menyediakan promo paling besar sepanjang sejarah perjudian Online.

    Bagi kamu yang ingin bergabung di Linkaja88 dan menikmati promo yang ada.. Langsung saja daftar dengan mengkunjungi Link dibawah ini :

    Link pendaftar Klik : https://bit.ly/3b2Tnq7
    Kontak WhatsApp » Klik Link : https://bit.ly/aktif24jam

    Bonus Terbesar Dalam Judi Sabung Ayam
    Klik Langsung » https://www.linkaja88.net/bonus-terbesar-judi-sabung-ayam-100/

    BalasHapus
  27. Winning303

    Hadir Dengan Banyak Promo Yang Menarik dan Raih Kemenanganmu Sebanyak - Banyaknya

    Tersedia Banyak Permainan Menarik :
    Sportbook
    Livecasino
    Slot
    Togel
    Sabung Ayam

    Raih Jackpot Spesial yang bisa anda dapatkan

    Silahkan Klik ID Gratis Sabung Ayam

    Link kami : www.winning303.pw

    BalasHapus
  28. Donaco Poker

    Permainan poker terpecaya Saat ini :
    POKER ONLINE 7 PERMAINAN (1 USER ID)
    1. POKER ONLINE

    2. BANDAR CEME

    3. CEME KELILING

    4. DOMINO QIU-KICK

    5. SUPER TEN

    6. CAPSA SUSUN

    7. OMAHA

    Silahkan Klik ID Gratis DONACO

    WHATSAPP : +6281333555662
    Terima Kasih Bossku

    BalasHapus
  29. Winning303
    PENAWARAN PROMOSI:
    Promo Deposit Pulsa Tanpa Potongan Via TELKOMSEL / XL / AXIS

    Coba saja di winning303.. Kemenangan tidak akan jauh dari semangat anda!!
    Raih Jackpot Spesial yang bisa anda dapatkan...dengan modal kecil dapatkan bonus BESAR...
    Hanya di Winning303...

    Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
    1. Sportsbook
    2. Live Casino
    3. Slot Online
    4. Lottery/Togel
    5. Sabung Ayam
    6. Poker IDN

    Silahkan Klik ID Gratis Sabung Ayam

    • Bonus new member 20%
    • Bonus Next Deposit 10%
    • Bonus rollingan poker sampai 0,5%
    • Bonus referral sampai SEUMUR HIDUP
    • Bonus Cashback 5-10 %
    • Bonus Menang 7x sabung ayam sv388

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    WA:+6287785425244

    BalasHapus
  30. ZeusBola - Sabung Ayam Taji Live
    Deposit Dengan Pulsa Tanpa Potongan
    Dan Dari Ovo, Dana, Gopay, Linkaja
    Dapatkan Bonus 7x Win Hingga 5jt
    Pendaftaran : http://zeusbola.co

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : 081333552228

    DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN

    BalasHapus
  31. https://zeusbola.pro/ Agen Resmi Dengan Winrate Tertinggi Hingga Game Terlengkap Di Indonesia.

    Menyediakan Transaksi Via :
    • All Bank Lokal Indonesia
    • PULSA ( Via Transfer Pulsa, M-Kios, Alfamart , Indomaret & Jasa Lainnya )
    • BTPN JENIUS
    • OVO
    • DANA
    • GOPAY
    • LINKAJA
    • SAKUKU
    • PAYPRO

    Deposit Pulsa Tanpa Potongan Hanya Tersedia Di ZEUSBOLA !!

    ➡ Minimal deposit Rp.25,000 s/d Rp.50,000
    ➡ Minimal WD/Tarik dana Rp.50,000
    ➡ Minimal Bet/ Taruhan Rp.10,000

    Kami Juga tersedia permainan lain nya seperti :

    ➡ BOLA / SBOBET,ICBET,CMD368, MAXBET, SONG88, UBOBET ⚽️⚽️
    ➡ Live Casino
    ➡ Slot Online
    ➡ Balap Tikus
    ➡ Tangkas Net
    ➡ SLOT JOKER GAMING 🎰
    ➡ POKER IDN PLAY 🃏🃏

    Bandar Judi Online Deposit Pulsa Tanpa Potongan Memberikan Pelayanan Ramah Proses Super Cepat Tidak Perlu Pusing Lagi Hanya ZEUSBOLA. Anda Bisa Menghasilkan Uang/Keuntungan Dengan Cepat Tanpa HARUS KELUAR RUMAH !!!

    Whatsapp : +62 822-7710-4607
    Link Alternatif : https://zeusbola.pro/

    BalasHapus
  32. Gabung Sekarang Juga dan Raih Kemenangan Bersama Kami Agen Sabung Ayam Deposit Pulsa.. Pelayanan 24 jam online menemani anda yang ingin bertaruh .. Nikmati Promo Bonus 100% Win Beruntun 7x, bonus deposit pertama 10%, Bonus Cashback Kekalahan Mingguan.

    Menang Berapapun Tetap Kami Bayarkan, Kenyamanan dan Kepuasan Anda Menjadi Tanggung Jawab Kami Sebagai Penyedia Taruhan Online.

    SABUNG AYAM [ S128 - Club388 ]

    Menyediakan berbagai layahnan deposit terlengkap
    * Semua Bank Lokal Indonesia
    * Pulsa Tanpa Potongan
    * OVO
    * Gopay
    * Dana
    * Linkaja

    Situs Togel Online
    Museumbola Joker123
    Sabung Ayam sv388
    Museum Ayam
    Manfaat Daging Belut Untuk Ayam Aduan Super

    Contact Resmi MuseumAyam --> [url]https://linktr.ee/museumbola[/url]
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    BalasHapus
  33. ZeusBola - Bandar Sabung Ayam Live Online
    Menerima Deposit via Pulsa dan E-money
    (OVO, DANA, LINKAJA, GOPAY dan JENIUS)
    Dapatkan Bonus 7x Win Beruntun Hingga 5jt
    Pendaftaran : http://zeusbola.asia

    In
    fo Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : 0822 7710 4607

    Daftar S128 Menggunakan Bank BTPN Jenius

    BalasHapus
  34. Dapatkan prediksi lengkap bersama kami di WINNING303

    Belum punya akun bermain?
    Yukz join bersama kami segera di WINNING303

    Dapatkan ragam bonus bersama kami

    Hubungi kami Sekarang Juga :
    WA: +6287785425244

    BalasHapus
  35. Bosan Di Waktu Luang Kosong ? Nikmati Permainan Agen Judi Online Bolavita Terpercaya Di Indonesia.

    Tersedia :
    • Sabung Ayam
    • Taruhan Bola
    • Casino Live
    • Tembak Ikan
    • Slot Online
    • Tangkasnet
    • PokerVita

    Promo Spesial :
    • Bonus 100% Beruntun Win 8x, 9x, 10x
    • Bonus Deposit Pertama 10%
    • Bonus Deposit Harian 5%
    • Bonus Rollingan 0.8%
    • Bonus Referral 7% + 2%

    Daftar & Klaim Bonusnya Sekarang Juga !
    Hubungi Kontak Resmi Kami Dibawah ini (Online 24 Jam Setiap Hari) :

    » Nomor WhatsApp : 0812–2222–995
    » ID Telegram : @bolavitacc
    » ID Wechat : Bolavita
    » ID Line : cs_bolavita

    BalasHapus
  36. Kini Agen Judi Online Bolavita Menyediakan Segala Jenis Transaksi Deposit & Withdraw Menggunakan Dompet Digital (E-wallet) yang ada di Indonesia.

    Tersedia Judi Online Deposit Pakai Linkaja, Ovo, Dana, Sakuku. Gopay. Selain Menyediakan Judi Online Deposit Via Pulsa dan Semua Jenis Rekening Bank di Indonesia.

    Bolavita Menyediakan Judi Online Yang Cukup Lengkap. Antara Lain Adalah :
    • Judi Sabung Ayam Live
    • Judi Casino Live
    • Judi Bola / Sportsbook
    • Judi Slot Online
    • Judi Bola Tangkas
    • Judi Poker Online
    • Judi Domino
    • Judi Ceme / Capsa Susun
    • Judi Tembak Ikan Online
    • Judi Togel Online

    Promo Bonus :

    » Bonus Deposit Pertama 10%
    » Bonus Deposit Harian 5%
    » Bonus Cashback Mingguan 5% - 10%
    » Bonus Rollingan Mingguan 0.8%
    » Bonus Referral 7% + 2%

    Daftar & Klaim Bonusnya Sekarang Juga !
    Kontak Resmi (Online 24 Jam Setiap Hari) :

    » Nomor WhatsApp : 0812–2222–995
    » ID Telegram : @bolavitacc
    » ID Wechat : Bolavita
    » ID Line : cs_bolavita

    BalasHapus
  37. Museumpoker Situs Agen Poker Terpercaya 2020 menyediakan layanan taruhan judi kartu online uang asli yang dapat anda mainkan melalui ponsel melalui Aplikasi IDNPoker.

    Berbagai bonus menarik menanti anda dengan minimal deposit hanya IDR 10.000
    Menyediakan layanan deposit Bank Lokal, OVO, DANA, Linkaja, Gopay, dan Pulsa Telkomsel, XL dan Axis.

    9 Permainan Dalam 1 Akun
    * Poker
    * DominoQQ
    * Bandar Ceme
    * Ceme Keliling
    * Capsa Susun
    * Pot Limit Super10
    * Omaha
    * Blackjack
    * Superbull

    Promo Terbaru MuseumPoker
    - Bonus Freechip Deposit Via OVOpay 5%
    - Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL / Axis
    - Bonus Deposit New Member 20%
    - Bonus Mingguan
    - Bonus Jackpot

    Daftar Poker Pulsa

    Kontak Resmi
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker

    BalasHapus
  38. 9 permainan Poker dalam 1 user ID?
    ada nih
    Donaco poker
    situs resmi IDN poker dengan Bonus yang berlimpah

    Info regis
    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus
  39. Museumpoker situs IDN Poker terbaik Indonesia deposit termurah hadir memberikan layanan taruhan permainan online hingga 9 jenis permainan. Rating kemenangan tertinggi tanpa adanya robot serta admin.

    9 Permainan Dalam 1 Akun
    * Poker
    * DominoQQ
    * Bandar Ceme
    * Ceme Keliling
    * Capsa Susun
    * Pot Limit Super10
    * Omaha
    * Blackjack
    * Superbull

    Promo Terbaru MuseumPoker
    - Bonus Deposit Harian
    - Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL / Axis
    - Bonus Deposit New Member 20%
    - Bonus Mingguan 0.5%
    - Bonus Jackpot

    Daftar Poker Online

    Kontak Resmi
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    Situs Poker Online Terbaik Indonesia 2021

    Situs Poker Online Uang Asli

    BalasHapus
  40. Bandar Togel Terpercaya
    SITUS TOGEL TERBAIK
    AGEN TOGEL TERBAIK 2021
    Bandar Togel Indonesia
    Situs Agen Togel Terbaik
    SITUS TOGEL DEPOSIT PULSA

    MBO128 BANDAR TOGEL ONLINE TERBAIK 2021

    BONUS FREE CHIP Rp.50.000,-
    BURUAN CLAIM FREE CHIP SEBELUM KEHABISAN
    ADA JUGA BONUS NEW MEMBER SLOT ONLINE 50%

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    DAFTAR TOGEL ONLINE

    Minimal DEPOSIT Rp.25.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000

    KONTAK :
    WhastApp: 0852-2255-5128

    Transaksi bisa dilakukan melalui Via :

    • PULSA ( Telkomsel , XL – Axis ) Bisa isi dari Counter / Transfer Pulsa / Alfamart dan Indomaret TANPA POTONGAN PULSA

    • BANK ( BCA, Mandiri, BNI, BRI, Danamon, Permata,Semua Bank Nasional dan Daerah )

    • E-Money ( OVO, Dana, LinkAja, PayPro, GoPay)

    BalasHapus
  41. Pernahkah merasa tertipu oleh agen yang sangat anda percayai?? yang menawarkan berbagai bonus dan kata-kata manis?? dan akhir yang anda dapatkan adalah kecewa??

    Saatnya Tinggalkan itu semua.. Kami hadir untuk mengembalikan semangat bermain anda..dapatkan pelayanan memuaskan yang nyaman dan tidak ribet..

    Dapatkan Proses Transaksi Deposit & Withdraw Yang Cepat dan Tidak Ribet..Bonus yang PASTI..
    Kami Tidak Takut Anda Menang...Kami Segan Jika Anda Kecewa...

    Winning303 Agen betting online yang sudah berpengalaman dan profesional..Hadirkan Permainan Lengkap dan Pelayanan Ramah serta Profesional yang membuat anda tidak akan berpaling lagi..

    Cukup 1 ID saja dan tidak perlu ribet ganti user id untuk bermain:
    -Sports
    -Poker
    -Live Casino
    -Slots
    -Lotere/Togel
    -Sabung Ayam'

    Winning 303 Banjir Hadiah Yukz gabung bersama kami dan Dapatkan Langsung

    Bonus New Member Slot 15%
    Bonus New Member Poker 10%
    Bonus New Member Sabung Ayam 10%
    Bonus New Member Sportsbook & Live Casino 20%
    Bonus Deposit 10% Setiap Hari
    Bonus Deposit 10% Slot Setiap Hari
    Bonus Deposit Sabung Ayam 5%
    Bonus Cashback 5-10%
    Bonus 100% 7x Kemenangan Beruntun Sabung Ayam
    Diskon Togel Hingga 65%
    Bonus Rollingan Slot 1%
    Bonus Rollingan Poker dan Live Casino 0.5%

    Yang Lain Sudah Bergabung...Sekarang Giliran Anda....

    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    WA: +6287785425244

    BalasHapus
  42. CLUB388CASH SABUNG AYAM & SLOT ONLINE INDONESIA TERBARU 2021

    Yuk Buruan Join Sekarang Bersama Kami Di CLUB388CASH Situs Judi Slot Online Indonesia Terpercaya 2021
    Banyak Permainan yang Mudah Mendapatkan JACKPOT!

    CLUB388CASH adalah situs judi slot online terbaik 2021 yang sudah sangat diminati oleh seluruh masyarakat Indonesia.

    Dengan jumlah deposit yang terjangkau sudah bisa memainkan semua permainan yang tersedia.
    Minimal Deposit Rp.10.000,-
    Minimal Withdraw Rp.50.000.-

    Join bersama kami sekarang juga di CLUB388CASH
    Bonus New Member 10%
    Bonus Harian 5%

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    DAFTAR JUDI SLOT ONLINE

    KONTAK :
    WhastApp: 0819-1005-3031

    Judi Slot Online Club388
    Deposit Pulsa Tanpa Potongan
    Poker Online
    Situs Poker Online
    Situs Poker Deposit Pulsa

    BalasHapus
  43. Winning303

    PENAWARAN PROMOSI:
    Promo Deposit Pulsa dengan Potongan 20% Via TELKOMSEL / XL

    Memberikan Permainan Paling Seru dengan Tingkat Kemenangan yang tinggi... Yakin anda susah menang??? coba saja di winning303.. Kemenangan tidak akan jauh dari semangat anda!!
    Raih Jackpot Spesial yang bisa anda dapatkan...dengan modal kecil dapatkan bonus BESAR...
    Hanya di Winning303...

    Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
    1. Sportsbook / SBOBET
    2. Live Casino / Baccarat live sexy
    3. Slot Online / Slot JOKER
    4. Sabung Ayam S128 / sv388
    5. Poker IG / Poker IDN POKER

    • Bonus new member 20%
    • Bonus Next Deposit 10%
    • Bonus rollingan poker sampai 0,5 %
    • Bonus referral sampai SEUMUR HIDUP
    • Bonus Cashback 5-10 %
    • Bonus Menang 7x sabung ayam sv388

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    Website : Winning303,us (ganti koma jadi titik)
    WA:+6287785425244

    BalasHapus
  44. Untuk yg suka bermain sabung ayam dsni tempat ny
    new member 10% lansung di berikan tanpa syarat dan ribet

    proses depo wd secepat kilat ^^

    tunggu apa algi silah registrasi dan bukti kan sendiri
    New member 10%
    sialhkan hub : WA :+62 812-2222-995

    #judi #judionline #sabungayam #casino #slot #slotbonus #poker

    BalasHapus
  45. - Bandar Sabung Ayam Terpercaya
    Menerima Deposit via E-money dan Pulsa
    (OVO, DANA, LINKAJA, GOPAY dan JENIUS)
    Dapatkan Bonus 7x Win Beruntun Hingga 5jt

    UNTUK LEBIH LANJUT SILAHKAN HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607
    TELEGRAM :Zeusbola
    LINE : zeusbola
    INSTAGRAM :zeusbola.official


    BalasHapus
  46. Result Togel Hari ini

    Winning303

    PENAWARAN PROMOSI:
    Promo Deposit Pulsa Tanpa Potongan Via TELKOMSEL / XL / AXIS

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    Website : winning-303,com (ganti koma jadi titik)
    WA:+6287785425244

    Anda Kecewa Beritahu Kami, Anda Puas Beritahu Teman

    BalasHapus
  47. Result Togel

    Winning303

    PENAWARAN PROMOSI:
    Promo Deposit Pulsa Tanpa Potongan Via TELKOMSEL / XL / AXIS

    Daftar Slot Online Deposit Bank Syariah Indonesia - Winning303

    Winning303 Situs Judi Online Deposit Bank BPD Terpercaya 2022

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    Website : http://165.227.54.5/register?ref=192425
    WA:+6287785425244

    Anda Kecewa Beritahu Kami, Anda Puas Beritahu Teman

    BalasHapus
  48. Daftar Kesini YUKK!

    Bonus Rollingan dibagikan setiap minggunya.

    MUSEUMPOKER dan MUSEUMAYAM merupakan stius agen judi terpercaya yang menyediakan berbagai permainan menarik seperti :
    - Sportsbook
    - Live Casino
    - Poker Online
    - Slot
    - Sabung Ayam

    Keduanya memiliki bonus dan cashback yang cukup menarik seperti :
    - Bonus Win 7x - 9x Beruntun Sabung Ayam
    - Bonus 7x Lose Beruntun Sabung Ayam
    - Cashback Mingguan Up To 10% Sabung Ayam dan Sportsbook
    - Bonus Rollingan Mingguan 0.5%
    - Bonus Harian Poker, dan masih banyak lainnya.

    Minimal deposit adalah Rp 10.000,- dan Minimal withdraw adalah Rp 50.000,-

    Didukung oleh bank ternama dan E-Wallet di indonesia, guna mempermudah Anda untuk bertransaksi.

    Pelayanan MUSEUMPOKER tentunya 24 Jam NONSTOP melayani Anda semua ^^

    Untuk Informasi Lebih Lanjut Silahkan Hubungi CS Kami Di :
    WA : +62-8226-7932-581












    Bonus Ayam WIN 7X - 9X Beruntun
    Agen Poker Terbaik dan Terpercaya
    Judi Togel Terpercaya

    BalasHapus
  49. HOT BONUS !!!

    Dapatkan berbagai BONUS yang hanya di BOLAVITA !!

    Bolavita menyediakan berbagai macam bonus yang cukup menarik untuk Judilovers yang sangat sayang untuk dilewatkan.

    Berikut bonus-bonus yang diberikan :
    ♥ BONUS NEW MEMBER 10%
    ♥ BONUS EVERYDAY 5%
    ♥ BONUS ROLLINGAN 0.5%
    ♥ BONUS REFFERAL 10%

    Semua bonus bisa Anda dapatkan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

    Dengan mendapatkan BONUS REFFERAL, tentunya Anda akan mendapatkan uang tambahan. Dengan cara daftar akun sekarang dan ajaklah teman bermain di BOLAVITA !!

    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
    ✔ WA / TELEGRAM : +6281297392623

    #bolavita #bvgaming #bonusnewmember #Bonusdeposit #judionlineresmi #agentogelterpercaya #togelonline #judionlineresmi #bandarjuditerbaik #agenjuditerbaik #situsjuditerpercaya #situsjuditerbaik #situsjuditerbesar

    BalasHapus