Kamis, 13 Desember 2012

Karya Ilmiah Manajemen Ternak Ayam Bangkok


I. PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
Menurut Sudradjat (1994:9) mengatakan bahwa usaha ternak ayam tak ubahnya seperti mendirikan bangunan bertingkat, selain pondasi (anak ayam) harus baik, bangunan diatasnya (tata laksana) juga harus baik. Anak ayam yang baik bisa dipilih dari bibit unggul yang dijual tetapi tata laksana yang baik harus dipelajari, baik dari pengalaman maupun dari bacaan.
Tata laksana usaha ternak ayam meliputi pemeliharaan, pemakaian ransum yang baik, pengetahuan tentang penyakit, dan pelaksanaan ongkos produksi. Ongkos produksi diusahakan seminimal mungkin karena usaha ternak ini adalah usaha mencari keuntungan.
Karya tulis ini memberikan petunjuk-petunjuk praktis tata laksana fase layer, broiler, cara menyusun ransum, dan penyakit ayam yang perlu diketahui. Pengetahuan tata laksana pemeliharaan fase starter, grower, cara melakukan vaksinasi, dan tentang obat-obatan

1.2.Tujuan
  1.  Mengetahui mekanisme pelaksanaan program untuk bagaimana berternak ayam yang sehat serta produktif.
  2. Mengetahui reaksi masyarakat terhadap pemberlakuan program berternak Ayam Bangkok.
1.3.  Manfaat
  1. Mendapatkan informasi secara langsung tentang program berternak Ayam Bangkok.
  2. Memberikan informasi pada masyarakat dan memberikan himbauan kepada masyarakat untuk mengetahui cara berternak yang baik dan benar.

II. LANDASAN TEORI

2.1. Tujuan Pengembangbiakan
Menambah keanekaragaman ayam lokal Menurut DR.IR.M.Rasyaf (1991:13) yaitu dengan mengembangbiakkan ayam bangkok impor dan menyilangkannya dengan berbagai jenis ayam lokal yang berada di Indonesia, jelas hal ini akan memperkaya keanekaragaman ayam lokal di Indonesia. Mengembangbiakkan ayam bangkok memang memerlukan kreativitas. Peternak yang kreatif tidak puas jika hanya berhasil mengembangbiakkan ayam bangkoknya.
Peternak kreatif akan berupaya menyilangkan ayam bangkok dengan berbagai jenis ayam lokal unggul. Pada akhirnya akan diperoleh berbagai jenis ayam baru hasil dari penyilangan. Suatu contoh, bagaimana hasil penyilangan antara ayam bangkok dengan ayam pelung, ayam kedu, atau ayam ciparage. Hal inilah yang belum mendapat perhatian serius dari penggemar ayam.
Penulis yakin jika penyilangan tersebut banyak yang melaksanakannya, tak mustahil akan lahir jenis ayam-ayam baru yang bermutu tinggi. Dari hasil penyilangan tersebut besar kemungkinan akan muncul ayam petelur baru yang lebih produktif dari ayam petelur yang sudah ada, ayam pedaging baru, atau ayam hias baru. Hal ini jelas memberikan sumbangan yang positif dalam dunia perunggasan di Indonesia.
Menambah jumlah populasi ayam Usaha mengembangbiakkan ayam bangkok perlu dilakukan. Tanpa dikembangbiakkan, besar kemungkinan ayam bangkok dalam negeri akan mengalami kepunahan sehingga kita akan menjadi pengimpor abadi ayam bangkok. Ini berarti pengeluaran devisa secara rutin.
Jika kita dapat mengembangbiakkan ayam bangkok, baik melalui persilangan ataupun tidak, jumlah populasi ayam bangkok asli dan ayam bangkok blasteran akan segera meningkat. 3. Meningkatkan pendapatan peternak Usaha berternak ayam bangkok merupakan salah satu usaha yang dapat meningkatkan pendapatan. Seperti telah dijelaskan sebelumnya, usaha berternak ayam bangkok merupakan usaha yang prospektif karena permintaan terhadap ayam bangkok dari masyarakat tiap tahun meningkat. Dengan berkembangnya usaha beternak ayam bangkok, tidak hanya peternak ayam bangkok saja yang meningkat pendapatannya, tetapi juga para perajin sangkar, para penjual makanan ayam atau industri yang berkecimpung membuat pakan buatan, juga penjual obat-obatan unggas. Jadi, jelaslah usaha beternak ayam bangkok jika ditangani dengan serius akan memberikan manfaat rangkap bagi masyarakat.
2.2. Cara pengembangbiakan
Keberhasilan mengembangbiakkan ayam bangkok – selain ditentukan oleh kemampuan peternak dalam memelihara dan merawat anak ayam yang berhasil ditetaskannya – juga ditentukan oleh kualitas induk. Tidak seperti beternak ayam kampung atau ayam potong, beternak ayam bangkok juga harus memperhatikan gaya bertarung ayam yang dipelihara.
Bahkan, dalam memilih induk ayam bangkok, ada yang melihat silsilah atau asal-usulnya. Ini perlu karena sifat kedua induk akan diwariskan kepada keturunannya dengan perbandingan 50%:50%. Jago bangkok mantan juara biasanya dijadikan induk pejantan dengan harapan keturunannya kelak mewarisi bakat induknya.
1.    Memilih induk
Untuk memilih induk ayam bangkok unggul yang akan dijodohkan, berikut ini ada hal-hal yang perlu diperhatikan.
a. Memilih pejantan Pejantan unggul biasanya akan menghasilkan anak yang unggul pula. Suatu contoh pemilihan pejantan ayam bangkok secara gegabah, misalnya tubuhnya kecil, kakinya pengkor, dan umurnya sudah terlalu tua. Pejantan seperti ini tidak akan menurunkan keturunan yang berkualitas. Bahkan, daya tetes telur dengan pejantan seperti itu sangat rendah.
Hal ini desebabkan kemampuan kawin dari pejantan seperti itu tergolong jelek. Untuk mengatasi kegagalan seperti itu, pemilihan pejantan harus betul-betul selektif. Berdasarkan pengalaman, berikut ini dijelaskan persyaratan-persyaratan apa yang harus diperhatikan peternak dalam memilih jago bangkok yang baik untuk dijadikan pejantan.  Kepala besar berbentuk bulat mamanjang atau lonjong, seperti buahØ pinang.  Mata bersinar tajam dan letaknya agak tersembunyi sehingga memberi kesan sipit.
 Paruh panjang kuat dan kokoh, warna putih kekuning-kuningan, mempunyai alur memanjang dari ujung paruh ke arah lubang hidung.  Jengger berbentuk blangkon atau sumpel dengan warna merah segar.  Leher besar panjang dan kokoh, ditumbuhi bulu-bulu pendek mengilat. Badan bulat memanjang dengan dada bidang dan kekar. Sayap menempel ketat dengan bulu panjang, keras, dan kaku.  Bulu ekor lebat, panjang, kaku, kuat, dan meruncing kebelakang seperti lidi.  Warna kulit kuning kemerahan.
 Seluruh warna bulu harus mengkilat, warna bulu yang kusam menunjukkan ayam kurang sehat.  Berutu atau tunggir besar dan melekat erat dengan badan. Supit harus keras dan berkedudukan rapat. Paha besar, kaki panjang kuat berbentuk belimbing atau bulat dengan sisik menonjol tersusun teratur dan kering, serta jari-jari kaki kecil memanjang.  Berat badannya minimum 3 kg, lebih berat lebih baik. 
Berpenampilan gagah, kekar, dan energik. Cara berjalannya tegap dan menampakkan kejantanannya.  Rajin mencari makan di dalam kandang dengan mencakar-cakar tanah  Umur paling rendah 1,5 tahun. Jika anda mendapat ayam bangkok jantan yang memenuhi persyaratan tetapi umurnya masih muda, sebaiknya diambil saja karena ayam ini nantinya baik untuk pejantan.
b. Memilih induk betina Untuk mendapatkan keturunan yang berkualitas, selain pejantan harus unggul, induk betina juga harus unggul. Menurut pengalaman penulis, kebersihan mendapatkan keturunan ayam bangkok unggul sekitar 50% ditentukan dari induk betinanya.
Adapun ciri-ciri induk betina unggul sebagai berikut.  Berperawakan tinggi besar dengan potongan punggung rata atau agak miring sedikit ke arah ekor.  Bentuk kepala lonjong seperti buah pinang dengan mata bening bercahaya yang letaknya agak tersembunyi dan terkesan sipit, leher panjang dan berbulu.  Warna kulit kemerah-merahan. Bentuk dada bidang lebar dan kuat.  Kaki bulat atau berbentuk belimbing panjang kuat dengan sisik tersusun rapi dan kering serta tidak budukan.  Bulu badan, sayap, dan bulu ekor lebat dan lemas serta berwarna hitam kumbang berkilat atau berwarna lain yang digemari.  Dubur lebar, bulat, dan basah. Kulit disekitar dubur tidak berkerut.  Umur paling tidak 10 bulan, ayam bangkok betina yang terlalu tua biasanya sudah mandul atau tak dapat bertelur.  Suka mengais-ngais atau mencakar-cakar tanah mencari makanan. 
Jika memungkinkan berasal dari keturunan jago bangkok unggul. Dengan memperhatikan kriteria-kriteria tersebut, diharapkan pemilik atau peternak memelihara ayam bangkok yang benar-benar unggul. Induk yang unggul membuat kemurnian jenis keturunannya tetap terjaga.
2. Penjodohan
Usaha penjodohan dalam beternak ayam bangkok dimaksudkan untuk mendapatkan keturunan-keturunan yang berkualitas. Tanpa usaha penjodohan – induk betina bebas kawin dengan sembarang jago bangkok atau jago kampung yang diumbar di pekarangan – akan dihasilkan keturunan yang tidak dapat dipertanggungjawabkan mutunya. Mungkin keturunan yang dihasilkan mempunyai sosok tubuh kecil seperti ayam kampung.


III. PEMBAHASAN

3.1. Cara Pemeliharaan
Kandang dan pemeliharaan merupakan satu kesatuan karena ayam bangkok tidak dapat hanya dikandangkan saja tanpa dipelihara. Atau sebaliknya, tak mungkin ayam bangkok dipelihara tanpa mempunyai kandang.
Ayam bangkok yang dipelihara dan dikandangkan dengan asal-asalan jelas kurang mendatangkan manfaat bagi pemiliknya. Sebelum dibahas masalah perkandangan untuk ayam bangkok secara detil, terlebih dahulu akan diuraikan tentang pemeliharaan ayam bangkok. Keanekaragaman pemeliharaan ayam bangkok di pedesaan maupun di perkotaan dapat dijelaskan sebagai berikut.
1. Pemeliharaan ayam bangkok secara ektsensif (sederhana).
Pengertian pemeliharaan secara ekstensif ialah yang dibiarkan dilepas di alam bebas dan mencari makan sendiri. Dalam hal ini peternak juga tidak menyediakan dan tidak memberikan pakan secara rutin. Dari pagi hingga sore hari ayam bangkok tersebut berkeliaran mencari makan dan baru petang harinya pulang untuk tidur. Pada malam hari, ayam bangkok tersebut dapat tidur di berbagai tempat.
Ada yang bertengger di dahan-dahan pepohonan, di emperan rumah, di lumbung padi, bahkan ada yang tidur diatas genting. Dapat dikatakan pemilik ayam bangkok tersebut tidak ada perhatian sama sekali terhadap ayam peliharaannya. Di pedesaan-pedesaan, cara pemeliharaan ini masih bertahan hingga sekarang. Hal ini disebabkan lahan di pedesaan masih cukup luas sehingga memungkinkan sumber-sumber pakan masih melimpah di alam bebas.
Bahkan, sering terjadi beberapa babon tersebut menghilang selama beberapa minggu dan waktu kembali pulang sudah bersama beberapa anaknya. Paternak lalu mulai menangkap sebagian dari ayam bangkoknya dan dijual untuk membantu keperluan hidup sehari-hari. Ayam bangkok yang dihasilkan dalam pemeliharaan ini tentu sudah tidak asli lagi. Hal ini disebabkan ayam bangkok melakukan kawin silang dengan ayam kampung yang banyak berkeliaran di pekarangan tersebut. Jelas pemeliharaan secara ekstensif ini kurang memberikan hasil bagi peternak. Bahkan, sering kali ayam bangkok tersebut banyak yang mati karena serangan penyakit.
2.    Pemeliharaan ayam bangkok secara semiintensif (madya).
            Pemeliharaan ayam bangkok secara semiintensif dapat dikatakan sudah lebih maju daripada pemeliharaan secara ekstensif. Pada pemeliharaan semiintensif ini peternak sudah menyediakan kandang dan memberikan pakan ala kadarnya, misalnya sisa-sisa makanan, jagung, menir, dan sebagainya. Jika ayam bangkok tersebut sakit, peternak berusaha mengobatinya.
Di kampung-kampung biasanya pengobatan dilakukan secara tradisional. Jika ayam bangkok sakit dan tidak bergairah makan, biasanya peternak akan segera mengobatinya dengan bawang putih, kunyit yang ditumbuk, atau cabai merah yang dilolohkan tanpa dosis. Begitu juga jika kakinya luka karena bubul maka bagian yang sakit tersebut cukup dipopok atau ditempeli dengan apu (kapur sirih) yang dicampur dengan bubukan gambir atau abu. Pengobatan secara tradisional tersebut kadang-kadang dapat menyembuhkan, terutama jika penyakit ayam bangkok tersebut belum parah.
Hampir setiap peternak di kampung mempunyai resep pengobatan tradisional yang berbeda-beda, tetapi tujuannya sama yaitu untuk kesembuhan. Akan tetapi, ada juga sebagian pemilik ayam bangkok di desa yang enggan mengobati ayamnya. Justru ayam yang sakit tersebut dipotong untuk konsumsi sendiri atau dijual. Hal ini ada baiknya karena dapat mencegah penularan penyakit ke ayam-ayam dan kelak jago bangkok yang lain.
Cara pemeliharaan semi intensif ini banyak dilakukan masyarakat desa dan kota sebagai pekerjaan sambilan. Selain itu usaha pemeliharaan ayam bangkok ini dapat memberikan tambahan pendapatan yang berarti bagi peternak. 3. Pemeliharaan ayam bangkok secara intensif
Pada pemeliharaan ayam bangkok secara intensif dapat dikatakan bahwa hidup dan kehidupan dari ayam-ayam bangkok tersebut sangat ditentukan oleh peternak. Sejak dari pemeliharaan, pemberian pakan, perkawinan, dan penetasan sepenuhnya diatur oleh peternak. Biasanya pemeliharaan ayam bangkok secara intensif sepenuhnya ditujukan untuk usaha komersil. Pemeliharaan yang intensif ini biasanya mempunyai fasilitas pemeliharaan yang cukup memadai. Di antaranya mempunyai perkandangan dan pakan yang baik serta air minumnya berkualitas tinggi.
Dengan demikian, sarana tersebut dapat memenuhi syarat untuk mencapai tujuan produksi telur maupun pertumbuhan kutuk-kutuk ayam bangkok. Pada pemeliharaan secara intensif ini peternak dituntut dapat menguasai dan memahami teknik beternak unggas. Selain itu, peternak juga dituntut untuk melaksanakan pemeliharaan dengan penuh ketelitihan, kesabaran, dan ketekunan.
Dengan cara ini, gangguan-gangguan seperti serangan penyakit, serangan binatang malam, atau lingkungan yang tidak sehat dapat ditanggulangi dengan baik. Setelah diketahui ketiga cara pemeliharaan tersebut diatas maka dapat dipilih cara yang paling cocok diterapkan sesuai dengan kemampuan masing-masing peternak. Sebagai contoh jika peternak mempunyai lahan yang sempit dan tinggal di kota sebaiknya dipilh cara pemeliharaan intensif.
Sebaliknya, jika peternak mempunyai lahan yang luas, tetapi ia mampunyai kesibukan lain yang lebih penting maka dapat dipilih cara pemeliharaan ekstensif atau semiintensif. Jadi pemilihan cara pemeliharaan ternak ayam bangkok ini sepenuhnya ditentukan oleh peternak sendiri karena peternak sendirilah nanti yang akan melaksanakannya. Satu hal penting dalam beternak ayam bangkok ini adalah diupayakan agar keturunan ayam bangkok yang dihasilkan bersifat murni dengan kualitas yang baik.
3.2. Kiat Mencetak Ayam Aduan yang Tangguh
A. Pakan Bergizi
Diberikan Sejak dari Kutuk Untuk mendapatkan ayam aduan yang tangguh maka sejak kecil ayam bangkok harus diberi pakan yang cukup bergizi. Dengan diberikannya pakan yang bergizi diharapkan kutuk bangkok tersebut dapat tumbuh normal hingga dewasa dan tak pernah terserang penyakit.
Dengan demikian setelah dewasa ayam bangkok jantan akan mempunyai bentuk tubuh yang kekar dan tegap, otot-otot yang kuat, tulang yang besar dan kuat, bulu-bulu yang subur dan mengkilat, serta mempunyai stamina dan daya tahan tubuh yang kuat. Selain diberi pakan yang bergizi, untuk mencetak ayam bangkok aduan yang tangguh juga diberikan perawatan khusus, kesabaran, dan ketekunan dari peternak. 1 hal yang penting perlu diperhatikan adalah ayam yang dipelihara jangan sampai terserang wabah penyakit. Anak ayam bangkok yang pernah terserang penyakit tetelo maka setelah dewasa tidak dapat dijadikan ayam aduan karena sifatnya terganggu sehingga pandangannya tidak stabil.
 Selain dapat dibuat sendiri oleh peternak, saat itu pakan ayam bangkok buatan pabrik pun telah banyak tersedia di pasar-pasar burung atau di poultry shop. Pakan buatan pabrik tersebut tersedia untuk berbagai tingkat umur ayam. Misalnya pur No. 322 khusus pakan untuk kutuk bangkok yang baru menetas hingga umur 1 bulan. Untuk anak ayam bangkok yang berumur diatas 1 bulan hingga umur 6 bulan dapat diberikan pur No. 521. Selanjutnya untuk ayam bangkok dewasa dapat diberikan pur No. 594.
B. Latihan Fisik dan Mental
 Calon Jago Bangkok Aduan Bagi peternak ada beberapa alternatif yang dapat dilakukan terhadap ayam bangkok yang telah berhasil dibesarkan. Diantaranya adalah
  1.  Menjual sebagian ayam bangkok tersebut karena populasinya sudah dirasakan berlebihan.
  2. Menyisihkan beberapa ekor ayam bangkok jantan dan betina untuk dijadikan calon indukan.
  3.  Menyeleksi ayam bangkok muda untuk disiapkan menjadi jago bangkok aduan.
Khusus untuk menjadikan jago aduan, ayam bangkok muda tersebut harus dilatih fisik dan mentalnya secara teratur. Meskipun mempunyai perawakan tubuh yang tinggi besar, tetapi jika tidak dilatih ayam bangkok tersebut tidak mempunyai ketahanan fisik dan mental yang kuat jika dipaksa diadu, jago bangkok muda tersebut akan lari meninggalkan area aduan karena belum tahan sakit dan nyalinya kecil serta belum mempunyai pengalaman bertarung.
 Pada dasarnya latihan fisik dan mental pada ayam bangkok muda tersebut bertujuan untuk mengembangkan kemampuan bertarung dan membentuk ketahanan fisik serta mental yang handal. Dengan demikian ayam bangkok tersebut memiliki stamina yang kuat, nafas yang panjang, dan kondisi tubuh yang sehat. Jago bangkok yang telah dilatih fisik dan mentalnya jika bertarung dengan jago lain biasanya tak mau menyerah meskipun tubuh dan mukanya sudah luka-luka dan berdarah.
Ayam jago tersebut juga masih menunjukkan semangat tempur yang tinggi. Hal ini sering membuat ngeri lawannya sehingga dengan tak diduga-duga akan melarikan diri dari area pertarungan. Jadi, latihan fisik dan mental bagi calon jago aduan ini mutlak diperlukan. Dalam melatih jago-jago bangkok muda ini pelatih tak dapat mengubah gaya solah bertarung.
 Misalnya ayam yang tadinya mempunyai teknik gaya bertarung gaya atas tidak dapat diubah menjadi teknik bertarung gaya bawah (asor) karena hal ini merupakan pembawaan yang diwarisi dari induk-induknya. Adapun jenis latihan-latihan yang dipergunakan para pelatih sangat bervariasi. Setiap pelatih mempunyai kiat dan resep sendiri-sendiri dalam menangani ayam aduannya. Dibawah ini disajikan beberapa contoh latihan sebagai gambaran dalam mencetak jago-jago bangkok aduan yang handal.
1. Melatih otot kaki Agar kelak jago bangkok yang dilatih tersebut mempunyai pukulan dan tendangan yang kuat maka sehari-hari ayam tersebut diberi sepasang gelang pemberat dari timah. Gelang timah ini dapat dibuat sendiri dengan cara melebur dan mencetak timah. Ukuran gelang timah tersebut disesuaikan dengan kebutuhan. Jika jago tersebut akan diadu, maka sehari sebelumnya gelang pemberat harus dilepas. Melatih otot kaki dapat juga dilakukan dengan menekan punggung ayam ke bawah hingga ayam dalam posisi mendekam dan ayam dibiarkan bangun sendiri. Setelah ayam berada dalam posisi berdiri, punggungnya ditekan lagi hingga mendekam, dan begitu seterusnya. Latihan ini dihentikan jika ayam jago tersebut sudah tampak lelah. Latihan ini dapat diberikan secara teratur dengan posisi latihan yang semakin meningkat.




IV. KESIMPULAN DAN SARAN

4.1. Kesimpulan
Dari sekian banyak orang yang telah melakukan pengembangbiakkan ayam bangkok, banyak orang yang telah berhasil walaupun terkadang mengalami kegagalan. Karena kegagalan merupakan awal dari keberhasilan seseorang. Sebagai mahasiswa seharusnya kita ikut melestarikan budidaya beternak ayam bangkok karena ayam bangkok mempunyai kelebihan tersendiri.
Jangan lupa, kalau menjodohkan ayam bangkok kita harus melihat induknya. Kalau induknya bagus maka akan diperoleh keturunan yang berkualitas.
4.2. Saran
Agar para siswa mengetahui bagaimana cara beternak ayam bangkok dengan baik.
Apabila jika tidak ingin ayam bangkok punah, maka seharusnya kita ikut melestarikannya.















DAFTAR PUSTAKA

Sudradjat. 1994. Ayam Bangkok. Jakarta : P.T. Penebar Swadaya
Rasyaf, M. 1991. Ayam Lokal. Bogor : Kanisius  Redaksi
Argo Media. 2003. Mencetak Ayam Aduan Unggul. Jakarta : P.T. Argo Media Pustaka

42 komentar:

  1. Merupakan Agen Poker Online Aman Terpercaya, Menang Bonus Jackpot Poker Online (2017). Buruan Daftar Sakongkiu Sekarang Juga.

    SAKONGKIU. net | SAKONGKIU. com
    AduQ - Bandar Poker - BandarQ - Capsa Susun - Domino99 - Poker - Sakong
    DP/WD 25 Ribu
    Refferal 20%
    Rollingan 0,5%
    BCA | BNI | BRI | Mandiri | Danamon

    BalasHapus
  2. AYO SEMUA BERMAIN DI TOGEL PELANGI JANGAN LEWATKAN PROMO MENARIK DARI KAMI

    HUBUNGI KONTAK Kami
    BBM : D8E23B5C
    WHAT APPS : +85581569708
    LINE : togelpelangi
    WE CHAT : togelpelangi
    LIVE CHAT 24 JAM : WWW-ANGKAPELANGI-NET

    Ayo coba keberuntungan anda
    jutaan rupiah menunggu anda

    BalasHapus
  3. Artikelnya bermanfaat, kalo berkenan silahkan singgah di artikel kami tentang Obat Mata Ayam Berair dan Berbusa. Terima Kasih

    BalasHapus
  4. MAU MENANG BESAR CUKUP DENGAN MODAL 20.000 SAJA ???
    ATAU DENGAN MODAL 50.000 DAPAT BONUS 10 % PENDAFTARAN NEW MEMBER ???
    HAYO PILIH YANG MANA??

    KEDUANYA BISA KAMU DAPATKAN DI POKERBINTANG
    BINTANGNYA POKER ONLINE !!!

    PROMO EVEN SPESIAL MEI-JULI 2018

    BONUS TURN OVER 0.3% - 0.5%
    BONUS REFERAL 10 % SEUMUR HIDUP
    BONUS T COIN FREE ( ASAL ADA MAIN )

    SPESIAL DATE
    TURNAMENT POKER HADIAH HINGGA RATUSAN JUTA
    JACKPOT GLOBAL HINGGA RATUSAN JUTA

    SEMUANYA ADA DI POKER BINTANG, BURUAN GABUNG YA GAN...
    LINK RESMI KITA : WWW.POKERBINTANG,NET
    WWW.BINTANG-QQ,COM
    WWW.POKERBINTANG.CLUB

    LIVECHAT 24 JAM ONLINE
    BBM : D866631B
    WA : +628777283534
    LINE : pokerbintang







    BalasHapus
  5. PROMO BONUS DEPOSIT HARIAN INDOKARTU

    Minimal Deposit!

    === 7 Permainan 1 USER ID ===
    JUDI KARTU ONLINE & AGEN POKER ONLINE
    INDOKARTU merupakan web judi kartu online Indonesia terpercaya dan terlengkap dalam memberikan permainan judi online seperti poker online, domino online, bandar ceme online, blackjack online, Bahkan sebagai situs Agen Poker Online uang asli yang menyediakan transaksi dari bank BCA, BNI, BRI, Bank Mandiri, memberikan minimal deposit yang sangat murah dan menyediakan hadiah jackpot setiap harinya dan bisa bermain dengan para player dari seluruh kota yang ada di Indonesia. Main poker online terpercaya di IndoKartu

    http://www.indokartu.info/2018/07/24/cara-bermain-domino-qiu-qiu-online-indokartu/
    http://www.indokartu.info/2018/07/25/cara-bermain-capsa-susun-online-di-situs-terpercaya/
    http://www.indokartu.info/2018/08/02/susunan-kartu-capsa-susun/


    Ayo main sekarang di indokartu.net

    BalasHapus

  6. taruhan sabung ayam online terbaik indonesia

    http://agensabungayam.logdown.com/post/7834429-panduan-mengolah-makan-ayam-bangkok-aduan-yang-murah

    Link Official Bolavita : http://159.89.197.59/
    Telegram : +62812-2222-995
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita

    BalasHapus
  7. JUDI ONLINE DEPOSIT PAKAI PULSA!

    Kantor Cabang Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan paling baik yg menyediakan jasa layanan terhadap pembukaan akun permainan judi atau taruhan online untuk kamu di duta judi online yg bertaraf International, legal dan terpercaya hanya di zeusbola.

    Sebagai Peserta Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dgn industri Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh sang pemimpin Isle of Man bagi beroperasi yang merupakan juru taruhan latihan jasmani di dunia.

    http://134.209.98.69/main-judi-online-deposit-pulsa/

    Ayo daftar sekarang hanya di ZeusBola ---> http://104.248.148.252/

    BalasHapus
  8. PROMO NEW MEMBER

    Agen Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan paling baik yang menyediakan jasa layanan buat pembukaan akun permainan judi atau taruhan online pada anda di perutusan judi online yg berpangkat International, legal dan terpercaya hanya di bolazeus.

    Juga Sebagai Kantor Cabang Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama bersama kongsi Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh ketua Isle of Man guna beroperasi sebagai juru taruhan sport sedunia.
    judi deposit pulsa

    Daftar sekarang di ZeusBola ---> http://104.248.148.252/

    BalasHapus
  9. DEPOSIT BISA VIA PULSA TELKOMSEL!

    Kantor Cabang Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yang menyediakan jasa layanan kepada permulaan akun permainan judi atau taruhan online pada kamu di delegasi judi online yang berkelas International, sahih dan terpercaya hanya di zeus bola.

    Yang Merupakan Peserta Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama dengan perusahaan Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh penguasaan Isle of Man untuk beroperasi sebagai juru taruhan sport sedunia.


    https://bolazeus.info/2018/12/28/situs-agen-taruhan-sabung-ayam-s128-deposit-pulsa-termurah/
    https://bolazeus.info/2018/12/27/link-alternatif-s128-deposit-pulsa-sabung-ayam-online/
    https://bolazeus.info/2018/12/26/panduan-judi-deposit-pulsa-telkomsel-teraman/
    https://bolazeus.info/2018/12/26/cara-memilih-agen-poker-deposit-via-pulsa/

    Atau nonton basket disini :
    https://www.nontonbasket.net/

    Ayo daftar sekarang di Zeusbola ---> http://104.248.148.252/

    BalasHapus
  10. POKERVITA
    JUDI ONLINE TEXAS POKER

    Juga Taruhan Kartu Tradisional Sakong Online
    Bayar Pakai GoPay

    Anda Dapat Bermain Setiap Hari dan Selalu Menang Bersama Poker Vita
    Situs Situs Tersedia bebebagai jenis Permainan games online lain

    Kami Terima semua BANK Nasional dan Daerah, OVO&GOPAY Deposit dan Penarikan Dana. Untuk permasalahan apapun Anda selalu dapat menghubungi Tim Support kami, Kami online 24 jam/7 hari untuk menjawab pertanyaan Anda dan menangani masalah apapun.


    Whatsapp : 0812-222-2996

    BalasHapus
  11. Mau promo menarik dari permainan sabung ayam Sv388???

    Klik >>>>>>> Promo Sv388

    Belum punya akun Sv388??

    Klik >>>>>>> Daftar Sv388

    Hubungi Segera:
    WA: 087785425244
    Cs 24 Jam Online

    BalasHapus
  12. Permainan Sabung Ayam Online di Agen BOLAVITA , dengan minimal deposit hanya Rp 25.000 saja , dan minimal betting hanya Rp 10.000 saja sudah bisa mainkan permainan Sabung Ayam

    http://agensabungayam.logdown.com/post/7859263-ciri-ciri-ayam-jago-vietnam-super-pukul


    Produk Kami Judi Sabung Ayam Online S128, SV388 & KungfuChiken.

    https://www.sateayam.fun/
    https://m1.hj128.club/
    Daftar Sabung Ayam sv388
    Daftar Sabung Ayam Online S128

    Agen Sabung Ayam Online Bolavita Banyak Bonus dan Promo Mari Bergabung :

    Promo Sabung Ayam Terbaru 8x Win Beruntun.
    Bolavita Bisa Deposit Via OVO & GO-Pay.
    Sabung Ayam Deposit Via Pulsa XL & TSEL 25rb.

    Promo Promo BOLAVITA

    Telegram : +62812-2222-995
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita

    BalasHapus
  13. Situs Poker Deposit OVO Termurah dan Terbaik 2019 adalah sebuah wadah taruhan judi poker online yang menggunakan metode transaksi via ovo. Informasi seperti ini wajib anda ketahui karena anda dapat melakukan taruhan dengan sangat murah.

    Bonus Freechip Pokerayam :
    > Bonus New Member 10%
    > Bonus Deposit Harian 5%
    > Bonus Rake Back Mingguan

    * Situs Poker Deposit OVO Termurah
    * Kontak PokerAyam
    * Link Alternatif Pokerayam

    HUBUNGI KAMI:
    http://165.22.51.220/
    WA : 0812-2222-1680
    LINE : POKERAYAM

    BalasHapus
  14. Permainan Sabung Ayam Online di Agen BOLAVITA , dengan minimal deposit hanya Rp 25.000 saja , dan minimal betting hanya Rp 10.000 saja sudah bisa mainkan permainan Sabung Ayam

    http://agensabungayam.logdown.com/post/7860765-efek-samping-buah-pinang-untuk-ayam-bangkok-aduan

    Produk Kami Judi Sabung Ayam Online S128, SV388.

    https://www.sateayam.pro/
    https://m1.hj128.club/
    Daftar Sabung Ayam sv388
    Daftar Sabung Ayam Online S128

    Agen Sabung Ayam Online Bolavita Banyak Bonus dan Promo Mari Bergabung :

    Promo Sabung Ayam Terbaru 8x Win Beruntun.
    Bolavita Bisa Deposit Via OVO & GO-Pay.
    Sabung Ayam Deposit Via Pulsa XL & TSEL 25rb.

    Promo Promo BOLAVITA

    Telegram : +62812-2222-995
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita

    BalasHapus
  15. PROMO MEMBER BARU 15%

    DewaZeus adalah partner dari situs ZeusBola, yang merupakan master agen master bandar taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Dealer Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di zeus bola.

    Sbg Perutusan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama bersama perseroan Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh presiden Isle of Man pada beroperasi sbg juru taruhan sport sedunia.

    https://dewazeus.site/cara-bermain-poker-online-deposit-via-pulsa/
    https://dewazeus.site/situs-agen-taruhan-online-terpercaya-deposit-pulsa/
    livechat zeusbola

    promo sabung ayam

    Kunjungi juga link alternatif maxbet nova88 maxbet link, main langsung maxbet nova88.

    BalasHapus
  16. DEPOSIT BISA VIA PULSA XL!

    Cabang Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yg menyediakan jasa layanan pada permulaan akun permainan judi atau taruhan online terhadap kamu di duta judi online yg bertingkat International, sah dan terpercaya hanya di judi via pulsa.

    Yang Merupakan Kantor Cabang Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama bersama perusahaan Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh sang penguasa Isle of Man untuk beroperasi juga sebagai juru taruhan latihan jasmani sedunia.


    https://bolazeus.site/2019/01/02/situs-poker-online-deposit-via-pulsa/
    https://bolazeus.site/2019/01/01/kelebihan-bermain-taruhan-online-deposit-via-pulsa/

    promo s128

    Daftar di Link Alternatif anti Internet Positif disini :
    livechat zeusbola
    alternatif zeusbola

    Ayo daftar sekarang di Zeusbola

    BalasHapus
  17. PROMO NEW MEMBER 15%

    Duta Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan paling baik yang sediakan jasa pelayanan bagi pembukaan akun permainan judi atau taruhan online kepada kamu di agen judi online yang berperingkat International, sungguh dan terpercaya hanya di poker pulsa.

    Sbg Perizinan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dengan kongsi Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh pemerintah Isle of Man bagi beroperasi yang merupakan juru taruhan olahraga sedunia.


    https://bolazeus.site/2018/12/31/situs-agen-taruhan-online-deposit-via-pulsa-25rb/
    https://bolazeus.site/2018/12/30/agen-betting-online-deposit-via-pulsa-telkomsel/
    https://bolazeus.site/2018/12/29/situs-agen-betting-online-deposit-pulsa-terpercaya/
    https://bolazeus.site/2018/12/28/agen-betting-online-deposit-pulsa-terpercaya-di-asia/

    s128

    Daftar di Link Alternatif anti Internet Positif disini :
    https://zeus77.net
    link alternatif zeusbola

    Ayo daftar sekarang di Zeusbola

    BalasHapus
  18. JUDI ONLINE DEPOSIT PAKAI PULSA!

    Agen Judi Pulsa Terpercaya Di Indonesia, pekerjaan kantorcabang Poker Online menyimpan pulsa adalah secorak biang judi yang memperlakukan permainan poker online pada saat ini sudah sangat simpel degnan munculnya tontonan ini poker online endapan lewat pulsa kemudahan bernas berkelakuan disebuah pertunjukan poker online yang pintar kita jumpai masa ini memang buah pecah semakin berkembangnya zaman dan teknologi masa ini didalam pertunjukan rungguhan online. Atas cukup memajukan pulsa lir dana sedimen tontonan di poker pulsa online, pemain sudah mendapat kesempatan yang lebar bermegah-megah lalu memenangkan permainan.

    Bersikap menahan pulsa didalam tontonan judi online tentunya emang tentu makin menggampangkan anggota masa kamu melakukan permainan taruhan online. Sehubungan munculnya deposit via pulsa lalu pemain bakal becus dengan sepele padat berlagak dan berperan pemenang didalam sekarakter tontonan poker. Atraksi poker online endapan dengan pulsa mestinya hendak menggapai separuh kegunaan bergaya yang mahir berbentuk pulsa saja ataupun berwujud uang betul didalam sepotongan pergelaran poker online.

    BACA JUGA:

    taruhan online pulsa
    judi deposit pulsa
    judi pakai pulsa


    Ayo daftar sekarang hanya di ZeusBola

    BalasHapus
  19. Bolavita Menyediakan permainan yang sangat lengkap ! Memiliki Licensi Resmi Yang Berlokasi di Filipina, Aman dan Terjamin Keamanannya !

    Tersedia Judi Bola Online Dengan pasaran terlengkap, Judi Sabung Ayam, Judi Casino, Judi Slot Dan Masih banyak lainnya..

    Tersedia juga banyak bonus meriah lainnya yang dapat anda Klaim setiap Hari !

    » Bonus Deposit pertama 10%
    » Bonus Cashback Mingguan 5% - 10%
    » Bonus Rollingan 0.5% + 0.7%
    » Bonus 100% Win Beruntun 8x, 9x, 10x

    Jangan sungkan hubungi Kontak Cs kami yang online 24 Jam dibawah ini :
    Kontak Whatsapp Cs Kami (Online 24 Jam) : +62812-2222-995
    Atau Bisa Langsung Klik Link : http://bit.ly/kontakonline24jam

    #agenbolavita #bandarbolavita #situsbolavita #casino #sabungayam #roulette #judidadu #judionline #bandaronline

    S128
    SV388
    CASINO
    TEMBAK IKAN
    SLOT

    BalasHapus
  20. BISA DEPOSIT PAKAI PULSA

    DewaZeus adalah bagian dari situs ZeusBola, yang merupakan mater bandar taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Agen Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di bolazeus.

    Yang Merupakan Perutusan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dgn maskapai Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh ketua Isle of Man guna beroperasi sbg juru taruhan olahraga sedunia.

    https://dewazeus.site/deposit-via-pulsa/
    https://dewazeus.site/situs-agen-taruhan-poker-deposit-via-pulsa-2019/
    zeusbola livechat

    promo sabung ayam s128

    Kunjungi juga link alternatif maxbet nova88 link alternatif nova88, main langsung maxbet nova88.

    BalasHapus
  21. Situs Slot Online Vivoslot Deposit Linkaja » https://www.linkaja88.net/situs-slot-online-vivoslot-deposit-linkaja/

    Situs Slot Online Vivoslot Deposit Linkaja – Linkaja88.com adalah salah satu agen slot online yang menyediakan permainan Vivoslot yang dapat dimainkan secara online menggunakan smartphone android ataupun ios kesayangan anda.

    Vivoslot Sering Berikan Jackpot Besar - Dari data yang Linkaja88 dapat, setiap tahunnya pemain permainan slot Online ini terus meningkat peminatnya, melihat pangsa pasar yang besar. Membuat para pelaku Agen Judi Slot Online terus-terusan berinovasi dengan mengeluarkan produk-produk permainan Slot online yang baru untuk memberikan sensasi yang baru.

    Salah satunya adalah Vivoslot yang merupakan platform permainan slot terbaru yang tengah populer di Indonesia. Vivoslot ini tengah booming karna banyaknya member yang mendapatkan Jackpot besar dari platformnya (bisa dibilang tidak pelit bonus).

    Bagi kamu yang ingin ikutan bermain Vivoslot bersama member lainnya yang telah mendapatkan Jackpot Besar dalam platform permainan slot yang satu ini, kamu bisa langsung daftar disitus Linkaj88.

    Hubungi Kontak WhatsApp : +62812-2222-995
    Atau Bisa Langsugn Klik Link Whatsapp : https://bit.ly/aktif24jam

    *Bonus 10% Deposit Pertama ! Berlaku Untuk Anda yang menghubungi kontak WhatsApp diatas.

    BalasHapus
  22. Permainan dadu yang memiliki nama lain Sic Bo ini adalah salah satu permainan legendaris yang sudah lama ada sejak jaman dinasti china. Permainan yang menggunakan feeling dan keberuntungan ini telah melekat sekali dalam keseharian kita.

    Taruhan Dadu Online Uang Asli
    https://www.linkaja88.net/taruhan-dadu-online-uang-asli/

    Link pendaftar Klik : https://bit.ly/3b2Tnq7
    Kontak WhatsApp » Klik Link : https://bit.ly/aktif24jam

    BalasHapus
  23. Cara Membuat Jamu Ayam Bangkok Agar Panjang Nafas
    Tips Ayam Bangkok

    BalasHapus
  24. ZeusBola - Situs Judi Terbaik dan Terpercaya
    Daftar dan Claim Bonus New Member 15%
    Tersedia Deposit via Pulsa dan Emoney
    Pendaftaran : http://zeusbola.co

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    TELEGRAM : +62 81333555996

    DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN

    BalasHapus
  25. Hobi Sabung Ayam ? Silahkan Download Aplikasi Sabung Ayam Online Sekarang Juga !

    https://www.linkaja88.net/gratis-download-aplikasi-sabung-ayam-s128/

    Agen Judi Sabung Ayam Bonus Terbesar !

    Terima :
    » Judi Sabung Ayam Bank Bri
    » Judi Sabung Ayam Bank BTPN
    » Judi Sabung Ayam Bank Kalbar
    » Judi Sabung Ayam Linkaja

    Kontak Resmi :
    » Nomor WhatsApp : +62812-2222-995
    » ID Wechat : Bolavita
    » ID Line : cs_bolavita
    » ID Telegram : @bolavitacc

    BalasHapus
  26. Bonus Casino Online Spesial Dari Agen Judi Online Bolavita !
    Bonus 100% Bila Menang Beruntun 8x, 9x, 10x

    Tersedia Banyak Provider Yang Lengkap !
    » SBOBET 338a
    » SA Gaming
    » Sexy Gaming
    » Fun BET
    » Asia Bet
    » E-Bet
    » WM Casino

    Promo Spesial :
    • Bonus Deposit Pertama 10%
    • Bonus Deposit Harian 5%
    • Bonus Rollingan 0.8%
    • Bonus Referral 7% + 2%

    Daftar & Klaim Bonusnya Sekarang Juga !
    Tersedia Deposit & Withdraw Via : OVO, Gopay, Dana, Linkaja, Sakuku, Pulsa Dan Semua Jenis Rekening Bank Di Indonesia !

    Hubungi Kontak Resmi Kami Dibawah ini (Online 24 Jam Setiap Hari) :

    » Nomor WhatsApp : 0812–2222–995
    » ID Telegram : @bolavitacc
    » ID Wechat : Bolavita
    » ID Line : cs_bolavita

    BalasHapus
  27. Kini Agen Judi Online Bolavita Menyediakan Segala Jenis Transaksi Deposit & Withdraw Menggunakan Dompet Digital (E-wallet) yang ada di Indonesia.

    Tersedia Judi Online Deposit Pakai Linkaja, Ovo, Dana, Sakuku. Gopay. Selain Menyediakan Judi Online Deposit Via Pulsa dan Semua Jenis Rekening Bank di Indonesia.

    Bolavita Menyediakan Judi Online Yang Cukup Lengkap. Antara Lain Adalah :
    • Judi Sabung Ayam Live
    • Judi Casino Live
    • Judi Bola / Sportsbook
    • Judi Slot Online
    • Judi Bola Tangkas
    • Judi Poker Online
    • Judi Domino
    • Judi Ceme / Capsa Susun
    • Judi Tembak Ikan Online
    • Judi Togel Online

    Promo Bonus :

    » Bonus Deposit Pertama 10%
    » Bonus Deposit Harian 5%
    » Bonus Cashback Seninan 5% - 10%
    » Bonus Rollingan Seninan 0.8%
    » Bonus Referral 7% + 2%

    Daftar & Klaim Bonusnya Sekarang Juga !
    Kontak Resmi (Online 24 Jam Setiap Hari) :

    » Nomor WhatsApp : 0812–2222–995
    » ID Telegram : @bolavitacc
    » ID Wechat : Bolavita
    » ID Line : cs_bolavita

    BalasHapus
  28. Bandar Togel Terpercaya
    SITUS TOGEL TERBAIK
    AGEN TOGEL TERBAIK 2021
    Bandar Togel Indonesia
    Situs Agen Togel Terbaik
    SITUS TOGEL DEPOSIT PULSA

    MBO128 SITUS TOGEL ONLINE TERPERCAYA 2021

    FREE ANGPAO Rp.50.000
    Buruan gabung di MBO128 SEKARANG JUGA!
    AYO CLAIM SEKARANG KEHABISAN !!!

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    DAFTAR TOGEL ONLINE

    Minimal DEPOSIT Rp.25.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000

    KONTAK :
    WhastApp: 0852-2255-5128

    Transaksi bisa dilakukan melalui Via :

    • PULSA ( Telkomsel , XL – Axis ) Bisa isi dari Counter / Transfer Pulsa / Alfamart dan Indomaret TANPA POTONGAN PULSA

    • BANK ( BCA, Mandiri, BNI, BRI, Danamon, Permata,Semua Bank Nasional dan Daerah )

    • E-Money ( OVO, Dana, LinkAja, PayPro, GoPay)

    BalasHapus
  29. Winning303

    PENAWARAN PROMOSI:
    Promo Deposit Pulsa dengan Potongan 20% Via TELKOMSEL / XL

    Memberikan Permainan Paling Seru dengan Tingkat Kemenangan yang tinggi... Yakin anda susah menang??? coba saja di winning303.. Kemenangan tidak akan jauh dari semangat anda!!
    Raih Jackpot Spesial yang bisa anda dapatkan...dengan modal kecil dapatkan bonus BESAR...
    Hanya di Winning303...

    Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
    1. Sportsbook / SBOBET
    2. Live Casino / Baccarat live sexy
    3. Slot Online / Slot JOKER
    4. Sabung Ayam S128 / sv388
    5. Poker IG / Poker IDN POKER

    • Bonus new member 20%
    • Bonus Next Deposit 10%
    • Bonus rollingan poker sampai 0,5 %
    • Bonus referral sampai SEUMUR HIDUP
    • Bonus Cashback 5-10 %
    • Bonus Menang 7x sabung ayam sv388

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    Website : Winning303,blog (ganti koma jadi titik)
    WA:+6287785425244

    BalasHapus
  30. - Bandar Sabung Ayam Terpercaya
    Menerima Deposit via E-money dan Pulsa
    (OVO, DANA, LINKAJA, GOPAY dan JENIUS)
    Dapatkan Bonus 7x Win Beruntun Hingga 5jt

    UNTUK LEBIH LANJUT SILAHKAN HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607
    TELEGRAM :Zeusbola
    LINE : zeusbola
    INSTAGRAM :zeusbola.official


    BalasHapus
  31. Race Ball adalah permainan yang di jalankan dengan menggunakan mesin yang secara otomatis akan membawakan permainan ini untuk anda.

    Anda hanya perlu menebak hasil dari pertandingan 10 bola yang akan saling berpacu untuk dapat memenangkan permainan unik ini. Berikut beberapa tips untuk bermain Race Ball :

    ♦ Sebelum memulai permainan ataupun taruhan silahkan pilih jenis permainan apa yang ingin dimainkan. Ada 2 jenis permainan yang bisa dipilih yaitu : random ( acak ) dan order ( berurutan ).
    ♦ Setelah selesai memilih silahkan masukkan jumlah taruhan yang dipasang di tabel yang sudah disedikan. Sudah selesai menentukan jumlah taruhan maka silahkan masukkan jumlah besaran taruhan yang ingin dipasang di tabel yang sudah disedikan. Terdapat tombol silang di sebelah kanan atas untuk menghapus taruhan ataupun tebakan jika salah menginput.
    ♦ Setiap tebakan disebut sebagai ticket jadi 1 tebakan sama dengan 1 ticket.
    ♦ Pastikan dan cek kembali jumlah taruhan maupun angka yang akan dipasang. Jika sudah yakin akan nomor dan jumlah taruhan silahkan klik "SUBMIT" untuk mengirim taruhan & menunggu periode permainan hingga selesai.

    KLIK DISINI UNTUK MENDAFTAR BOLAVITA

    Promo Bonus menarik dari BOLAVITA :
    > BONUS NEW MEMBER 10%
    > BONUS REFERRAL 10%
    > BONUS ROLLINGAN 0.5%

    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
    ✔ WA / TELEGRAM : +62812-2222-995
    ✔ INSTAGRAM : @bola.vita
    ✔ FACEBOOK : @bolavita.ofc

    BalasHapus
  32. HOT BONUS !!!

    Dapatkan berbagai BONUS yang hanya di BOLAVITA !!

    Bolavita menyediakan berbagai macam bonus yang cukup menarik untuk Judilovers yang sangat sayang untuk dilewatkan.

    Berikut bonus-bonus yang diberikan :
    ♥ BONUS NEW MEMBER 10%
    ♥ BONUS EVERYDAY 5%
    ♥ BONUS ROLLINGAN 0.5%
    ♥ BONUS REFFERAL 10%

    Semua bonus bisa Anda dapatkan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

    Dengan mendapatkan BONUS REFFERAL, tentunya Anda akan mendapatkan uang tambahan. Dengan cara daftar akun sekarang dan ajaklah teman bermain di BOLAVITA !!

    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
    ✔ WA / TELEGRAM : +6281297392623

    #bolavita #bvgaming #bonusnewmember #Bonusdeposit #judionlineresmi #agentogelterpercaya #togelonline #judionlineresmi #bandarjuditerbaik #agenjuditerbaik #situsjuditerpercaya #situsjuditerbaik #situsjuditerbesar

    BalasHapus