I. PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Meningkatnya
jumlah penduduk dan adanya perubahan pola konsumsi serta selera masyarakat
telah menyebabkan konsumsi daging ayam ras (broiler) secara nasional
cenderung meningkat.
Pencapaian
kecukupan kebutuhan nutrisi terutama protein hewani pada masyarakat akan lebih
efisien apabila dilakukan dengan meningkatkan konsumsi pangan yang bersumber
dari komoditi peternakan khususnya daging ayam ras (broiler). Daging
ayam ras mengandung komposisi nilai gizi yang baik dan sebagai sumber bahan
makanan yang mengandung protein hewani. Daging ayam ras juga mengandung
vitamin-vitamin yang sangat diperlukan bagi kesehatan dan pertumbuhan manusia.
Disisi lain yang
menyebabkan peningkatan permintaan daging ayam ras pedaging dikarenakan harga
daging ayam ras dapat dijangkau oleh konsumen dengan taraf ekonomi menengah
sampai taraf ekonomi atas.
Laju pertumbuhan
produksi daging ayam ras pedaging pada tahun 2006-2008 sebesar 5,96 persen.
Kontribusi ayam ras pedaging terhadap produksi total daging di Indonesia sejak
tahun 2006-2008 selalu lebih besar. Produksi ayam ras
pedaging pada tahun 2006 sebesar 44,54
persen dan tahun 2007 sebesar 43,53 persen. Produksi daging ayam ras pedaging
yang cukup besar menggambarkan bahwa terdapat pertumbuhan ketersediaan pasar
dan tingkat konsumsi terhadap komoditas daging ayam ras pedaging.
Menanggapi hal
tersebut, peningkatan efisiensi ekonomi dalam kegiatan pengadaan daging ayam
ras merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi supaya dapat bersaing dengan daging
lainnya. Sesuai dengan fenomena pertumbuhan populasi penduduk Indonesia, yang
merupakan salah satu potensi sumber daya pendukung pertumbuhan agribisnis
peternakan ayam ras pedaging serta peranannya terhadap pendapatan nasional,
maka sangat penting untuk memperhatikan aspek agribisnis komoditas ayam ras
pedaging.
1.2.
Tujuan
Berdasarkan
permasalahan yang ada, maka tujuan penelitian ini adalah antara lain:
- Menganalisis marjin pemasaran pedagang ayam ras pedaging di Pasar Rakyat Teluk Kuantan.
1.3. Manfaat
Penelitian ini
diharapkan dapat berguna bagi pihak-pihak yang terkait, manfaat tesebut antara
lain:
- Bagi pedagang ayam pedaging di pasar rakyat Teluk Kuantan dapat mengetahui mengenai tingkat keuntungan usahanya dan pemasarannya.
- Sebagai sumber informasi.
II. METODE PENELITIAN
2.1 Lokasi dan Waktu Penelitian
Penelitian ini
dilakukan terhadap pedagang ayam pedaging di Pasar Rakyat Teluk Kuantan. Kecamatan
Kuantan Tengah, Kota Teluk Kuantan,
Propinsi Riau. Penentuan objek penelitian ini dilakukan secara sengaja (purposive).
Pengambilan data untuk membuat makalah
ini dilakukan pada bulan Nopember tahun 2012.
2.2 Jenis dan Sumber Data
Sumber data yang
digunakan dalam penelitian ini dikumpulkan dari pengamatan langsung, wawancara
dengan pedagang ayam di pasar Rakyat Teluk Kuantan.
2.3. Analisis Keuntungan Pedagang Ayam
Ras Pedaging
Analisis
keuntungan merupakan hasil pengurangan antara total penerimaan dengan
total biaya yang dikeluarkan. Analisis keuntungan dilakukan dengan mencatat
seluruh penerimaan dan pengeluaran usaha ayam pedaging sesuai dengan
kapasitas penjualan ayam pedaging per hari.
2.4. Analisis Marjin Pemasaran
Marjin pemasaran
merupakan perbedaan harga yang diterima oleh produsen dengan harga yang
dibayarkan oleh konsumen, dimana marjin pemasaran diperoleh dari
pengurangan harga penjualan dengan harga pembelian pada setiap tingkat
lembaga pemasaran.
Marjin pemasaran
pada dasarnya merupakan penjumlahan dari biaya-biaya pemasaran dan
keuntungan yang diperoleh oleh suatu lembaga pemasaran (Limbong dan
Sitorus, 1987). Marjin pemasaran adalah perbedaan harga ditingkat
produsen (Pf) dengan harga di tingkat konsumen (Pr). Marjin pemasaran
terdiri dari biaya pemasaran dan keuntungan lembaga pemasaran.
III. PEMBAHASAN
3.1 Definisi Pedagang
Karakteristik
pedagang adalah pola tingkah laku dari pedagang yang menyesuaikan dengan
struktur pasar dimana pedagang tersebut melakukan kegiatan pembelian dan
penjualan. Selanjutnya dapat dikatakan bahwa karakteristik pedagang merupakan
tingkah laku pedagang yang meliputi kegiatan penjualan, pembelian, penentuan
harga dan siasat pemasaran. Karakteristik pedagang dapat dilihat dari proses
pembentukan harga dan stabilitas pasar, serta ada tidaknya praktek jujur dari
pedagang tersebut. Struktur pasar dan karakteristik
pedagang
akan menentukan keragaman pasar yang dapat diukur melalui peubah harga, biaya
serta komoditas yang diperdagangkan (Dahl dan Hammond, 1977).
Pedagang
kecil merupakan lembaga pemasaran yang berhadapan langsung dengan konsumen.
Pengecer ini sebenarnya merupakan ujung tombak dari suatu proses produksi yang
bersifat komersil, artinya kelanjutan proses produksi yang dilakukan oleh
lembaga-lembaga pemasaran sangat tergantung dari aktivitas pengecer dalam menjual
produknya ke konsumen. Jadi keberhasilan pengecer menjual produk ke konsumen
sangat menentukan keberhasilan lembaga-lembaga pemasaran sebelumnya (Sudiyono,
2001) Pedagang pengecer di pasar cenderung menunggu pembeli yang datang yaitu
konsumen rumah tangga, pedagang ayam goreng, dll. Keuntungan yang di dapat
berdasarkan selisih antara harga konsumen dengan harga yang di dapat dari peternak,
selain itu pedagang harus memperhitungkan biaya yang dikeluarkan untuk menyewa
tempat, pajak, dsb.
3.2
Biaya Usaha
Biaya
adalah pengorbanan yang dapat diduga sebelumnya dan dapat dihitung secara
kuantitatif, secara ekonomis tidak dapat dihindarkan dan berhubungan dengan
suatu proses produksi tertentu. Secara garis besarnya dalam usaha/perusahaan
industri pertanian dikenal biaya tetap (fixed cost) dan biaya variabel (variable
cost). Biaya tetap adalah biaya yang besarnya tidak dipengaruhi
perubahan
output. Biaya tetap juga dapat dikatakan biaya yang totalnya tetap dalam range
tertentu. Biaya variabel adalah biaya yang besarnya tergantung dari volume
produksi. Biaya variabel berubah secara proposional dengan berubahnya
output
(Limbong dan Sitorus, 1987).
Boediono
(1998) mengatakan bahwa biaya mencakup suatu pengukuran nilai sumberdaya yang
harus dikorbankan sebagai akibat dari aktivitas-aktivitas yang bertujuan
mencari keuntungan. Berdasarkan volume kegiatan biaya dibedakan atas biaya
tetap dan biaya variabel. Biaya tetap (fixed cost) adalah biaya yang
dikeluarkan dalam kegiatan produksi yang jumlah totalnya tetap pada volume
kegiatan tertentu, sedangkan biaya variabel (variable cost) adalah biaya
yang jumlah totalnya berubah-ubah.
3.3
Pengetian Pemasaran
Secara umum
pemasaran dianggap sebagai proses aliran barang yang terjadi dalam pasar. Dalam
pemasaran ini barang mengalir dari produsen sampai kepada konsumen akhir yang
disertai penambahan guna bentuk melalui proses pengolahan, guna tempat melalui
proses pengangkutan dan guna waktu melalui proses penyimpanan. Pemasaran
pertanian adalah proses aliran komoditi yang disertai perpindahan hak milik dan
penciptaan guna waktu, guna tempat dan guna
bentuk, yang dilakukan oleh
lembaga-lembaga pemasaran dengan melaksanakan
satu atau lebih fungsi-fungsi pemasaran
(Sudiyono, 2001).
Pemasaran
pertanian memiliki pengertian yaitu mencakup segala kegiatan dan usaha yang
berhubungan dengan perpindahan hak milik dan fisik dari barangbarang hasil
pertanian dan kebutuhan usaha pertanian dari tangan produsen ke tangan
konsumen, termasuk di dalamnya kegiatan-kegiatan tertentu yang menghasilkan
perubahan bentuk dari barang yang ditujukan untuk lebih mempermudah
penyalurannya dan memberikan kepuasan yang lebih tinggi kepada konsumennya
(Limbong dan Sitorus, 1987).
Seperich,
Woolverton dan Beirlein, 1994 diacu dalam Nuraini 2008 mengemukakan bahwa
pemasaran memiliki pengertian yaitu semua aktivitas bisnis yang bertujuan untuk
membantu konsumen dalam memenuhi kebutuhan dan keinginannya dengan
mengkoordinasikan aliran barang dan jasa dari produsen kepada konsumen dan
pengguna.
3.4
Fungsi-fungsi Pemasaran
Proses
penyampaian barang dari tingkat produsen ke tingkat konsumen diperlukan
berbagai kegiatan atau tindakan-tindakan yang dapat mempelancar proses
penyampaian barang atau jasa bersangkutan, dan kegiatan tersebut dinamakan
sebagai fungsi-fungsi pemasaran. Fungsi-fungsi pemasaran tersebut dapat
dikelompokkan atas tiga fungsi yaitu:
(1) fungsi pertukaran,
(2) fungsi fisik,
(3) fungsi fasilitas (Limbong dan
Sitorus, 1987).
a. Fungsi
Pertukaran
Fungsi
pertukaran adalah merupakan kegiatan yang memperlancar perpindahan hak milik
dari barang dan jasa yang dipasarkan.
b. Fungsi Fisik
Fungsi fisik
adalah semua tindakan yang langsung berhubungan dengan barang dan jasa sehingga
menimbulkan kegunaan tempat, kegunaan bentuk dan kegunaan waktu. Adapun fungsi
fisik meliputi kegiatan : penyimpanan, pengolahan dan pengangkutan.
c. Fungsi
Fasilitas
Fungsi Fasilitas
adalah semua tindakan yang bertujuan untuk memperlancar kegiatan pertukaran
yang terjadi antara produsen dan konsumen. Adapun fungsi fasilitas terdiri dari
empat yaitu: fungsi standarisasi atau grading, fungsi penanggungan
resiko dan fungsi pembiayaan.
3.5 Saluran Pemasaran Pedagang Ayam Ras
Pedaging
Saluran
pemasaran merupakan serangkaian lembaga pemasaan yang mengambil alih hak, atau
membantu dalam pengalihan hak dalam hal ini pedagang membantu penyaluran
komoditi ayam ras pedaging dari peternak hingga konsumen. Saluran pemasaran
komoditi ayam ras pedaging di Pasar Rakyat Teluk Kuantan melibatkan beberapa
lembaga pemasaran, diantaranya: peternak, pedagang besar, pedagang kecil .
Saluran
pemasaran dapat menggambarkan proses penyaluran ayam ras pedaging dari produsen
hingga konsumen. Saluran pemasaran ini diawali dari pedagang besar, pedagang
besar membeli ayam ras pedaging hidup kepada peternak setiap hari ke beberapa
peternak, dan pedagang besar juga beternak ayam sendiri. Kemudian ayam tersebut
dijual kembali oleh pedagang besar kepada pedagang kecil. Pedagang kecil
mengambil ayam hidup dari pedagang besar setiap hari. Untuk proses pengambilan,
biasanya pedagang kecil langsung mengambil ayam hidup tesebut. Setelah ayam
tesebut dipotong oleh pedagang kecil, Selanjutnya ayam tesebut dibawa ke Pasar
Rakyat untuk dijual ke konsumen akhir.
Selanjutnya
pedagang besar juga menjual ayam ras dalam bentuk karkas kepada konsumen akhir.
Perbedaan yang mendasar adalah pedagang besar merupakan pedagang inti atau yang
memegang peranan penting dalam pendistribusian ayam ras pedaging dari peternak
ke konsumen akhir.
Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan
pemasaran ayam ras yang dimulai dari peternak sampai kepada konsumen akhir,
dapat terbentuk tiga saluran pemasaran ayam ras pedaging yang dilalui pedagang
ayam Pasar Rakyat, yaitu: Peternak _
Pedagang Besar _ Pedagang Kecil _ Konsumen
Total ayam ras
dibeli pedagang besar rata-rata sebesar 757,5 kg , dengan rata-rata bobot hidup
ayam perekor 1,5 kilogram. Berdasarkan hasil penelitian peternak, pedagang
besar, pedagang kecil dan konsumen. Pedagang besar setelah membeli ayam dari
peternak, menjual kembali ayam tersebut kepada pedagang kecil dan pedagang
kecil menjual kembali ayam tersebut kepada konsumen.
3.6 Marjin Pemasaran
Marjin pemasaran
dapat ditinjau dari dua sisi, yaitu segi harga dan biaya pemasaran. Pada
analisis pemasaran sering menggunakan konsep marjin yang dipandang dari sisi
harga. Marjin pemasaran merupakan selisih harga yang dibayar konsumen akhir dan
harga yang diterima petani (produsen). Dengan menganggap bahwa selam proses
pemasaran terdapat beberapa lembaga pemasaran yang terlibat dalam dalam
aktifitas pemasaran ini, maka dapat dianalisis distribusi marjin pemasaran di
antara lembaga-lembaga pemasaran yang
terlibat (Sudiyono, 2001).
Marjin pemasaran
didefinisikan sebagai perbedaan harga atau selisih harga yang dibayar konsumen
dengan harga yang diterima oleh produsen, atau dapat pula dinyatakan sebagai
nilai dari jasa-jasa pelaksanaan kegiatan pemasaran sejak dari tingkat produsen
sampai ke titik konsumen akhir. Kegiatan untuk memindahkan barang dari titik
produsen ke titik konsumen membutuhkan pengeluaran baik fisik maupun materi
(Limbong dan Sitorus, 1987).
Harga pembelian
ayam yang diperoleh pedagang merupakan harga yang ditentukan peternak sesuai
dengan harga pasar tetapi pedagang besar yang merupakan langganannya, dapat
berperan dalam menentukkan harga dimana harga yang ditawarkan oleh peternak
belum merupakan harga kesepakatan dan pedagang besar masih dapat melakukan
tawar menawar. Pedagang besar dalam memasarkan ayam ras dapat menentukan harga
jual yang akan diberikan ke pedagang kecil dimana pedagang kecil tidak
mempunyai kekuatan dan hanya sebagai penerima harga.
Hal tersebut
dipengaruhi oleh peran penting pedagang besar dan keterikatan pedagang kecil
dengan pedagang besar, bahwa pedagang kecil dapat mengambil ayam ras pedaging
kepada pedagang besar yang telah mempercayainya untuk dapat diberikan ayam.
Biaya pemasaran
adalah semua biaya yang dikeluarkan untuk mengalirkan komoditi dari produsen
hingga konsumen akhir di luar keuntungan dari lembaga tersebut. Marjin pada
pedagang kecil dan pedagang pengecer di dapat dari selisih harga yang diterima
dari pedagang besar dengan harga yang di bayarkan oleh konsumen.
Keuntungan
pedagang kecil dan pedagang pengecer di dapat dari selisih harga di kurangi
dengan biaya-biaya yang dikeluarkan dalam penyaluran ayam ras hingga ke
konsumen akhir. Pedagang pengecer hanya mengeluarkan biaya transportasi untuk
memperoleh ayam ras di Pasar rakyat sebesar Rp 10.000,- setiap pembelian ayam ras
pedaging. Berbeda dengan pedagang kecil yang menjual ayam di Pasar rakyat ,
pedagang pengecer yang menjual ayam ras diluar Pasar rakyat membeli ayam dalam bentuk karkas, sehingga
tidak perlu menanggung biaya pengurangan bobot badan yang harus di bebankan.
Marjin merupakan
perbedaan harga atau selisih harga yang dibayar konsumen akhir dengan harga
yang diterima peternak. Dalam hal ini marjin pemasaran pedagang besar adalah
perbedaan harga yang dibayarkan kepada peternak dengan harga jual kepada
pedagang kecil, pengecer dan konsumen dalam saluran pemasaran dengan komoditi
yang sama. Marjin pemasaran diperoleh dari harga per kilo ayam ras pedaging
dapat dilihat pada Tabel 1.
Tabel 1. Harga Rata-Rata dan Marjin
Pemasaran Pedagang Ayam Ras
Pedaging di Pasar Rakyat.
Unsur Marjin Pemasaran
|
Nilai (Rp/Kg)
|
Peternak
|
|
Harga jual
|
12.000
|
Pedagang Besar
|
|
Harga
pembelian
|
12.000
|
Biaya
pemasaran
|
1000
|
keuntungan
|
2000
|
Harga
penjualan
|
15.000
|
marjin
|
3000
|
Pedagang Kecil
|
|
Harga
pembelian
|
15.000
|
Biaya
pemasaran
|
2.500
|
keuntungan
|
3.500
|
Harga
penjualan
|
21.000
|
marjin
|
6000
|
Konsumen Akhir
|
|
Harga beli
|
21.000
|
Total Biaya Pemasaran
|
3.500
|
Total Keuntungan
|
5.500
|
Total Marjin Tataniaga
|
9000
|
Pola saluran yang terdiri dari peternak, pedagang besar dan
pedagang kecil. Total marjin sebesar Rp 9.000,- per kilogram dengan total biaya
pemasaran sebesar Rp 3.500,- per kilogram. Kompenen biaya oleh pedagang besar adalah
sebesar Rp 1.000,- untuk biaya pemasaran dengan perhitungan biaya tenaga kerja
sebesar Rp 350,- per kilogram, biaya retribusi sebesar Rp 80,- per kilogram,
biaya angkut Rp 250,- per kilogram, biaya listrik Rp 20- per kilogram, biaya
bobot ayam yang berkurang karena perjalanan sebesar Rp 300-.
Untuk pedagang kecil komponen biaya yang
ditanggung adalah sebesar Rp 2.500,- per kilogram dengan perhitungan biaya
retribusi sebesar Rp 55,00,- per kilogram, biaya angkut Rp 300,- per kilogram,
biaya listrik sebesar Rp 45,00,- per kilogram dan biaya pengurangan bobot ayam
sebesar Rp 2.100,-. Adanya biaya pengurangan bobot ayam pada pedagang kecil
karena pedagang membeli ayam hidup dan menjualnya setelah dipotong dan
dikeluarkan jeroannya.
IV.
KESIMPULAN DAN SARAN
4.1. Kesimpulan
Dalam
kegiatan pemasaran ayam ras pedaging, melibatkan beberapa lembaga pemasaran
dalam penyampaian komoditi ayam ras pedaging dari produsen hingga konsumen
akhir, diantaranya: pedagang besar, pedagang kecil.
Total marjin
pemasaran yang diperoleh sebesar Rp
9.000,- terdiri dari marjin pedagang besar sebesar Rp 3.000,- dan pedagang
kecil sebesar Rp 6.000,-.
4.2. Saran
Tidak
semua pedagang dapat berjualan di dalam Pasar Rakyat Teluk Kuantan, dikarenakan keterbatasan kios yang ada. Untuk itu
pengelola Pasar Rakyat Teluk Kuantan diharapkan dapat menyediakan kios agar pedagang dapat berjualan di dalam area
Pasar Rakyat Teluk Kuantan.
Pedagang tidak
selalu mendapatkan jaminan pasokan ayam ras pedaging dari peternak, oleh karena itu pedagang diharapkan dapat bekerjasama
dengan para peternak agar dapat
memperoleh pasokan ayam ras pedaging setiap harinya.
DAFTAR PUSTAKA
Rasyaf, M. 1995. Pengelolaan Usaha Peternakan Ayam Pedaging. PT Gramedia
Pustaka Utama.
Jakarta.
Sudiyono,
A. 2001. Pemasaran Pertanian. Edisi
Pertama. UUM Press. Penerbitan Universitas Brawijaya Malang. Malang.
Suharno, B. 1997. Kiat Sukses Berbisnis Ayam. Penebar Swadaya. Jakarta.
PROMO NEW MEMBER 15%
BalasHapusDewaZeus merupakan partner dari situs ZeusBola, yg merupakan master bandar mater taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Dealer Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di Zeusbola.
Yang Merupakan Cabang Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dgn industri Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh penguasaan Isle of Man kepada beroperasi juga sebagai juru taruhan olahraga sedunia.
https://dewazeus.site/cara-bermain-poker-online-deposit-via-pulsa/
https://dewazeus.site/situs-agen-taruhan-online-terpercaya-deposit-pulsa/
link alternatif zeusbola
Ayo join sekarang di dewazeus.site
BANDAR POKERONLINE >>>Poker Vita<<< menyediakan games terbaik dan terlaris
BalasHapus=>Texas Poker,
=>Capsa Susun,
=>Bandar Poker,
=>Domino QQ,
=>Adu Q,
=>Bandar Q.
Anda Dapat Bermain Setiap Hari dan Selalu Menang Bersama Poker Vita
Tersedia bebebagai jenis Permainan games online lain
BANDAR POKERONLINE PAKAI OVO+GOPAY+PULSA
Kami Terima semua BANK Nasional dan Daerah, OVO&GOPAY
Deposit dan Penarikan Dana. Untuk permasalahan apapun Anda selalu dapat menghubungi Tim Support kami, Kami online 24 jam/7 hari untuk menjawab pertanyaan Anda dan menangani masalah apapun
Whatsapp : 0812-222-2996
WWWW POKERVITA.FUN
DEPOSIT BISA VIA OVO!
BalasHapusPerizinan Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan paling baik yang sediakan jasa layanan guna permulaan akun permainan judi atau taruhan online untuk anda di cabang judi online yg berpangkat International, benar dan terpercaya hanya di poker deposit pulsa.
Sbg Perwakilan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dengan maskapai Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh pemerintah Isle of Man guna beroperasi yang merupakan juru taruhan sport sedunia.
https://bolazeus.pw/2019/01/02/situs-poker-online-deposit-via-pulsa/
https://bolazeus.pw/2019/01/01/kelebihan-bermain-taruhan-online-deposit-via-pulsa/
promo s128 adu ayam
Daftar di Link Alternatif anti Internet Positif disini :
zeusbola livechat
login zeusbola
Ayo daftar sekarang di Zeusbola
Situs Slot Red Tiger Indonesia dapat anda mainkan melalui Agen Linkaja88 dengan mudah dan aman. Linkaja88 adalah Situs Agen Slot Online Terpercaya di Indonesia yang menyediakan berbagai jenis slot online yang sangat lengkap.
BalasHapusSlot Red Tiger ini merupakan salah satu permainan slot online yang populer di Linkaja88. Banyak member yang meraup kemenangan jackpot yang cukup besar di Linkaja88. Kami merekomendasikan Slot Red Tiger bagi anda yang hobi bermain mesin jackpot.
Situs Slot Red Tiger Indonesia
https://www.linkaja88.net/situs-slot-red-tiger-indonesia/
Situs Linkaja88 telah berdiri sejak 2014 di bawah naungan Agen Bolavita sebagai induk Situs Agen Judi Online Terpercaya Di Indonesia. Anda bisa bermain menggunakan berbagai jenis transaksi deposit dan withdraw yang cukup lengkap, antara lain yaitu :
• OVO
• GOPAY
• DANA
• SAKUKU
• PULSA
• SEMUA JENIS REKENING BANK DI INDONESIA
Link daftar Klik : https://bit.ly/kontak24jam
- Bandar Sabung Ayam Terpercaya
BalasHapusMenerima Deposit via E-money dan Pulsa
(OVO, DANA, LINKAJA, GOPAY dan JENIUS)
Dapatkan Bonus 7x Win Beruntun Hingga 5jt
UNTUK LEBIH LANJUT SILAHKAN HUBUNGI KAMI DI :
WHATSAPP :+62 822-7710-4607
TELEGRAM :Zeusbola
LINE : zeusbola
INSTAGRAM :zeusbola.official
Race Ball adalah permainan yang di jalankan dengan menggunakan mesin yang secara otomatis akan membawakan permainan ini untuk anda.
BalasHapusAnda hanya perlu menebak hasil dari pertandingan 10 bola yang akan saling berpacu untuk dapat memenangkan permainan unik ini. Berikut beberapa tips untuk bermain Race Ball :
♦ Sebelum memulai permainan ataupun taruhan silahkan pilih jenis permainan apa yang ingin dimainkan. Ada 2 jenis permainan yang bisa dipilih yaitu : random ( acak ) dan order ( berurutan ).
♦ Setelah selesai memilih silahkan masukkan jumlah taruhan yang dipasang di tabel yang sudah disedikan. Sudah selesai menentukan jumlah taruhan maka silahkan masukkan jumlah besaran taruhan yang ingin dipasang di tabel yang sudah disedikan. Terdapat tombol silang di sebelah kanan atas untuk menghapus taruhan ataupun tebakan jika salah menginput.
♦ Setiap tebakan disebut sebagai ticket jadi 1 tebakan sama dengan 1 ticket.
♦ Pastikan dan cek kembali jumlah taruhan maupun angka yang akan dipasang. Jika sudah yakin akan nomor dan jumlah taruhan silahkan klik "SUBMIT" untuk mengirim taruhan & menunggu periode permainan hingga selesai.
KLIK DISINI UNTUK MENDAFTAR BOLAVITA
Promo Bonus menarik dari BOLAVITA :
> BONUS NEW MEMBER 10%
> BONUS REFERRAL 10%
> BONUS ROLLINGAN 0.5%
Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
✔ WA / TELEGRAM : +62812-2222-995
✔ INSTAGRAM : @bola.vita
✔ FACEBOOK : @bolavita.ofc
HOT BONUS !!!
BalasHapusDapatkan berbagai BONUS yang hanya di BOLAVITA !!
Bolavita menyediakan berbagai macam bonus yang cukup menarik untuk Judilovers yang sangat sayang untuk dilewatkan.
Berikut bonus-bonus yang diberikan :
♥ BONUS NEW MEMBER 10%
♥ BONUS EVERYDAY 5%
♥ BONUS ROLLINGAN 0.5%
♥ BONUS REFFERAL 10%
Semua bonus bisa Anda dapatkan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.
Dengan mendapatkan BONUS REFFERAL, tentunya Anda akan mendapatkan uang tambahan. Dengan cara daftar akun sekarang dan ajaklah teman bermain di BOLAVITA !!
Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
✔ WA / TELEGRAM : +6281297392623
#bolavita #bvgaming #bonusnewmember #Bonusdeposit #judionlineresmi #agentogelterpercaya #togelonline #judionlineresmi #bandarjuditerbaik #agenjuditerbaik #situsjuditerpercaya #situsjuditerbaik #situsjuditerbesar